Rasio Gardan Kijang Super , Kijang Kapsul dan Innova

Sobat sekalian, pada kendaraan berpenggerak roda belakang pasti memiliki Gear Ratio / Final Gear (FG) yang terletak pada gardan atau differential gearnya. Gear ratio pada kendaraan sangat menentukan torsi akhir atau top speed dari kendaraan tersebut, Gear ratio sendiri ditentukan dengan membagi jumlah gigi pinion dengan jumlah gigi Crown wheel atau Ring Gear.

Nah untungnya bagi Toyota Kijang nih, tersedia banyak pilihan rasio gardan sehingga bisa diganti – ganti sesuai kebutuhan, walaupun pada dasarnya Insinyur Toyota sudah memperhitungkan dengan cermat antara power mesin, rasio transmisi dan rasio gardan sehingga didapat performa terbaik untuk kendaraan.

Pada prinsipnya semakin besar rasio mobil menjadi lebih bertenaga, lebih kuat nanjak tapi nafasnya pendek pendek, sebaliknya semakin kecil rasio maka nafas mobil semakin panjang, enak di jalan datar tarikan dan daya tanjaknya berkurang .Untuk Daftar Rasio gardan kijang dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Sebagai Contoh, Misalnya Kijang Kapsul 2.0 (1RZ) sering melewati jalur lurus (TOL) dan cenderung datar, kecepatan 100 km/jam di gigi 5 putaran RPM yg terbaca pada tachometer diatas 3000 rpm. Kalau melihat dari tabel, ukuran rasio bawaan pabriknya adalah 4.555 . Apabila Pengemudi ingin agar nafasnya lebih panjang di tol lebih panjang maka bisa memakai rasio gear milik Kijang Diesel (Rasio 4.100 ), dengan konsekuensi tarikan dan daya tanjaknya berkurang.

Sebaliknya jika pemilik Kijang Kapsul mau menambah tenaga di tanjakan, maka bisa menggunakan rasio gardan yang lebih kasar milik Kijang Kapsul 7K (Rasio 4.778), dengan konsekuensi nafas di jalan datar menjadi lebih pendek.

Hal lain yang mempengaruhi rasio gardan adalah Diameter ban, dimana semakin besar diameter ban maka dibutuhkan gear ratio yang lebih ringan agar tenaga dari mesin cukup. Jadi bagi penggemar Kijang yang mengganti ban dan velg dengan ukuran super besar perlu dipertimbangkan untuk mengganti rasio gardan agar mesinnya tidak keodoran lagi .

Jenis KijangMesin TransmisiRasio Gardan
Kijang Innova 1 TR (Bensin 2.0)54.300
1 TR Matic (Bensin 2.0)4 AT4.555
2 TR matic (Bensin 2.7)4 AT4.555
2 KD ( Diesel 2.5)53.909
2 KD Matic (Diesel 2.5)4 AT3.909
Innova Reborn1 TR ( Bensin 2.0)54.555
1 TR Matic (Bensin 2.0)6 AT4.555
2 GD (Diesel 2.4)53.583
2 GD Matic (Diesel 2.4)6 AT3.583

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.