TIPS BERKENDARA MOTOR DENGAN AMAN PADA SAAT KONDISI HUJAN

Musim penghujan saat ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi biker yang berkendara untuk keperluan sehari-hari. Kondisi hujan memang bisa menjadi penghalang untuk rider berkendara, karena  faktor keselamatan dan kenyamanan. Namun walaupun saat kondisi hujan kita sebagai pengendara tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman dengan menggunakan pakaian berkendara yang tepat.  Fery Risdiyanto salah satu instruktur safety riding dari Yamaha Riding Academy Jogja memberikan tips dalam berkendara di saat hujan, sebagai berikut ini.

Tips pertama : gunakan jaket hujan dengan model two piece atau dua bagian (jaket dan celana), pemilihan jaket hujan tipe tersebut dinilai lebih aman, karena tidak membatasi gerakan pengendara saat berkendara di atas motor. Kedua adalah gunakan sepatu, sarung tangan dengan bahan yang lebih tahan air agar lebih nyaman, serta gunakan helm dengan visor atau kaca helm yang terang, agar tidak mengurasi visibilitas pengendara.

Tips yang ketiga adalah gunakan warna jaket hujan yang terang, sehingga mudah dilihat oleh pengguna jalan lain. Dan yang tidak kalah penting adalah tips ke empat: kurangi kecepatan dan selalu menjaga jarak aman dengan pengendara lain, karena saat kondisi hujan dengan kondisi jalanan yang licin, motor akan membutuhkan jarak pengereman yang lebih jauh. Dengan tips-tips tersebut diharapkan bisa memberikan keamanan dan kenyamanan yang lebih saat berkendara di saat cuaca hujan.

Leave a Reply