Modification

Upgrade CB / GL Jadi Tiger, Jangan Lupa Ganti Draf Gear (Ronsel)

awansan.com – Dear pembaca semua, pasca upgrade mesin jadi setara tiger, banyak pengguna CB / GL yang mengeluh nafas motornya jadi pendek pendek dan mesin hanya nggerung saja tidak bisa putaran tinggi, seakan ada tenaga yang tertahan.

Nah jika ada yang mengalami seperti itu wajar saja, karena pasca upgrade tenaga meningkat drastis, sedangkan sistem penerus daya belum dirubah, masih menggunakan drafgear asli yang dirancang untuk mesin dengan tenaga kecil.

Salah satu obat untuk hal ini adalah mengganti drafgear (ronsel) nya dengan milik tiger sekalian, hal ini untuk menyesuaikan reduksi tenaganya, karena tenaga sudah naik maka reduksi gigi perlu diperberat agar tenaga bisa keluar maximal.

gigi primer, sekunder dan pompa oli milik tiger, tengahnya polos tidak beralur

Oh ya kalau ganti drafgear harus sepaket ya, berupa gigi primer, gigi sekunder, dan pompa olinya, beli yang asli copotan saja, jangan beli yang custom, karena ada beberapa kasus gigi custom ini mlh rompal.

Saya sendiri pernah melakukan hal ini, ketika dulu upgrade megapro jadi tiger, maupun ketika stroke up 9mm, tarikan pendek dan tenaga mesin di putaran atas kayak kecekik.. nah setelah ganti ronsel milik tiger, tarikan bisa panjang mulur mulur, dan mesin bisa bergasing di rpm lebih tinggi, nikmat banget buat touring luar kota 😁.

Untuk pemasangannya akan saya bahas di artikel sepanjutnya, so stay tune ya.

Iklan

Reinforce Chasis Motor Dengan Manisan Rangka

Manisan Rangka bahan Reinforce

awansan.com – Salah satu penyakit motor sport Honda adalah subframe belakang yang miring, sehingga antara ban dan slebor belakang terlihat tidak simetris, saya sendiri pun pernah mengalami hal ini ketika dulu masih memelihara Honda Megapro.

Dan memang tipe motor Honda yang paling banyak menderita penyakit ini adalah Mega Pro Generasi pertama dan kedua, walau tidak menutup kemungkinan ada motor tipe lain juga yang mempunyai penyakit rangka miring. (lebih…)

Mengenal Kawasaki M 1030 , Motor Bermesin Diesel Andalan Amerika

Kawasaki M1030

awansan.com – Selama ini mesin memang lebih jamak dipasang di mobil, hal itu karena mesin diesel getarannya lebih kuat dan cenderung berbobot berat, tetapi ada juga lho ternyata mesin diesel yang dipasang di motor.

Perkenalkan kawasaki M 1030 salah satu motor bermesin diesel yang cukup sukses diproduksi, sebetulnya motor ini dikembangkan untuk militer dengan basis Kawasaki KLR 650. (lebih…)

Ubah Katana menjadi 4WD , apa saja yang dibutuhkan ?

Sobat Jipmania, ngomongin Jimny emang nggak ada habisnya, kendaraan 4wd keluaran Suzuki ini amat populer di kalangan offroader terutama bagi offroader pemula, Jimny dikenal lincah dan cukup tangguh melewati medan medan offroad, dan yang jelas harganya cukup terjangkau dibanding kendaraan 4wd lainnya.

Nah karena jumlah Jimny terbatas, maka kini banyak offroader yang merubah Suzuki Katana menjadi 4wd, dengan beberapa ubahan tentunya mengingat Suzuki Katana  aslinya hanya 2WD. Karena pada dasarnya Jimny dan Katana basisnya sama, maka perangkat  4WD donor dari jimny bisa langsung plek dipasang di Katana. beruntung sekarang banyak yang jual donor jimny baik itu ex singapore/jepang, Lalu apa sajakah part yang dibutuhkan untuk mengubah Katana menjadi 4WD / 4×4?, simak ulasant berikut ini. (lebih…)

Pilihan Mesin Untuk Engine Swap Daihatsu Taft Diesel

Sobat Jipmania, sudah bukan rahasia lagi jika mobil mobil yang masuk Indonesia biasnya mendapat versi mesin terendah, dari produk sejenis yang beredar di luar negeri, tak terkecuali pada Daihatsu Taft, dimana Taft di Indonesia hanya mendapat mesin konvensional dengan tenaga paling kecil, padahal Taft di luar negeri banyak sudah menggunakan mesin yang jauh lebih bertenaga, mesin diesel standar untuk Taft di Indonesia adalah Daihatsu Diesel DL41/DL42 dengan tenaga maksimal 72 Hp dan torsi maksimal 170 nm

  • diesel fuel engine with displacement: 2765 cm3 / 168.4 cui, advertised power:72 hp / 73 PS ( DIN ), torque: 170 Nm / 125 lb-ft

Image result for DL 42 turbo engine

Seiring berjalannya waktu, kini mulai banyak pengguna Taft Diesel yang menginginkan mesin yang lebih bertenaga, sebetulnya banyak pilihan mesin yang bisa digunakan, tetapi kalau pengen ndak ribet tentunya mending pakai mesin Taft versi luar negeri, yang karena basisnya sama, tentu tidak perlu ribet masalah pemasangan, wel berikut Jipmania sampaikan beberapa mesin Taft di Luar Negeri (Rugger, Fourtrak) yang bisa digunakan untuk engine swap: (lebih…)

Modifikasi Sedan BMW  Untuk Menggendong Motorcross

Assalaamualaikum bro sist, biasanya yang namanya sedan hanya digunakan untuk membawa orang saja, itupun dalam kapasitas terbatass, tapi beberapa waktu lalu awb dapat foto mengejutkan pas mampir ke warung makan langganan.

Awalnya awb biasa saja ketika melihat sedan ini, tetapi setelah awb perhatikan lebih lanjut, ehalah ini Sedan BMW ternyata ngangkut motor buat Cross di belakangnya, kalau cuman “bike hanger” awb sih udah biasa lihat, lha ini motor hangerr, josss lah awb betul betul salut buat yang punya mobil, wani periih 😀.

Mari kita zoom sekali lagi, nampak sekali motor hanger ini dibuatkan dudukan yang kemudian dikaitkan ke dalam bemper, perkiraan awb sih ke rangka mobil, mengingat yang dibawa pun cukup berat yaitu Trail KTM

Cukup unik dan anti mainstream 😀😀, salut pokoknya sama yang punya mobil,  kalo pembaca semua punya BMW, kira kira  berani nggak modif spt ini ? 😂😂. 

Well thanks for reading, see you next time 

Wassalaamualaikum 🙏

Pasang Cakram Lebar, Tampilan Honda Blade Jadi Makin Sporty

awansan.com – Assalaamualaikum pembaca semua, pas pertama beli awalnya awb sendiri juga tidak ngeh, ini motor awb kok kayak beda ya, nggak kayak Honda Blade yang biasanya.

Setelah awb perhatikan, woalaahh ternyata si Blade ternyata sudah pake cakram lebar, si blade yang dari pabriknya sudah sporty jadi makin ganteng ketika pake cakram lebar. Aura racingnya lebih keluar gitu hehe.

Jadi gimana pembaca, pengen motor anda jadi makin sporty j?, silahkan pasaaang juga hehe.

Wassalaamualaikum 😁

Aneka Macam Modifikasi Honda CB Mesin Jahat

 

https://awansanblog.files.wordpress.com/2017/10/65ba9-modifikasi2bmotor2bhonda2bcb2bklasik2bmesin2btiger2b20162bpaling2bkeren2b252812529.jpg?w=499&h=309

CB Mesin Tiger

awansan.com – Assalaamualaikum bro sis, ngomongin motor yang satu ini memang tiada habisnya, yups Honda CB , motor yang seharusnya sudah pensiun dari jalanan ini ternyata sekarang justru menjadi salah satu motor lifestyle di Indonesia,  Honda cb memiliki banyak penggemar di seluruh Indonesia,  dengan ratusan bahkan ribuan klub Honda CB yang tersebar, bisa dibilang Indonesia merupakan salah satu surga bagi Motor CB, acara seperti Aniversary dan jamnas Honda Cb selalu tumpah ruah pesertanya. tak hanya dari merk Honda saja kadang kita menemukan motor lain seperti Yamaha Scorpio dan Suzuki Thunder yang didandanin ala Honda CB 😆 . (lebih…)

Menggandakan Kunci Kontak Honda Blade 125

awansan.com – Assalaamualaikum pembaca semua, kunci kontak merupakan salah satu komponen terpenting sepeda motor, secara standar dari pabrikan setiap kendaraan pasti dibekali dengan dua kunci, satu dibawa satunya lagi sebagai cadangan.

Nah berhubung kemarin kunci kontak si blade cuma ada 1, maka awb berinisiatif menggandakan kunci kontaknya. Awb gandakan di tukang kunci seberang Plaza Temanggung.

Biayanya cukup 25.000 sajaa, kita sudah dapat kunci baru 😁.. murah, cepat, dan hati tenang karena sekarang sudah punya kunci cadangan.

tetep hokya tetep bahagia

 

Modifikasi Transgender Honda Supra Fit X

awansan.com – Sobat awb sekalian, untuk urusan modifikasi orang indonesia emang jago jago, contohnya motor diatas,   pertama melihat awb kira ini adalah  “Honda CB”  tetapi ketika diperhatikan lebih detail ehalahaaa lha kok mesin tidur kayak “Honda Supra”,  wasyeeem hampir ketipu 😂😂😂.  (lebih…)