3

Touring Semarang – Temanggung Via Perkebunan Kalipat, Pemandangannya Juoss

awansan.com – Sobat bikers, semenjak pindah kerja ke Kota Semarang awansan jadi rutin touring Semarang – Temanggung tiap minggunya, istilah gaulnya ya kaum PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad) :v , Salah satu jalur yang biasa awansan gunakan untuk bolak balik adalah Semarang – Temanggung adalah via Kalipat, meskipun agak jauh karena memutar lewat Kabupaten Kendal , pemandangan disini sangat amazing, dan medan jalannya juga sangat cocok untuk bikers – bikers berjiwa petualang karena melewati perbukitan dan lembah yang memisahkan antara Kendal dan Temanggung.

Seperti biasa awansan berangkat dari Semarang setelah jam pulang kantor sekitar pukul 16.00 , dari Simpanglima langsung lurus ke atas menuju Kota Ungaran, kemudian belok kanan ke Gunungpati, kondisi jalan di jalur ini mulai berkelok naik turun, namun beruntung jalannya sudah lebar dan halus, jalan baru kembali rata ketika memasuki Kota Boja.

Selepas Kota Boja jalan cenderung makin sepi, namun disni pulalah kita mulai disuguhi pemandangan indah, yang awalnya persawahan berganti menjadi perkebunan, mulai dari kebun jati, kebun karet hingga kebun tebu, semuanya milik Afdelling Kalipat, salah satu perbunan tua yang sudah ada sejak zaman belanda.

Dengan luas ratusan Hektar maka tak heran jalan yg melewati perkebunan ini cukup panjang, salah satu pemandangan favorit awansan di Afdelling Kalipat adalah jalannan sejuk yg menembus perkebunan karet, dan juga senja di pinggir kebun tebu

Selepas Kebun tebu, jalan mulai turun curam ke arah jembatan perbatasan Kendal – Temanggung, dengan panjang turunan sekitar 2 km tentunya kendaraan dituntut punya pengereman yg prima. Namun semua hal ini dikompensasi dengan pemandangan yang indah di sebelah kiri jalan, karena terlihat semua perbukitan yang memisahkan antara Kabupaten Kendal dan Temanggung.

Begitu melewati Jembatan Perbatasan kontur jalan pun kemudian berubah 180 derajat dari sebelumnya, karena kita bakal disuguhkan tanjakan tanjakan panjang dan curam, pantes aja nggak ada kendaraan besar yang berani lewat sini, lha tanjakan nya kayak gini .

Slow but sure tanjakan ini terlewati juga oleh awansan, meskipun harus pakai gigi 1, sampai puncak tanjakan awansan sempatkan blusuk dikit ke bahu jalan dan surprise dapat bonus pemandangan yang aduhai, disini awansan berhenti cukup lama buat dinginin mesin sambil menikmati pemandangan.

Setelah cukup dingin, awansan pun melanjutkan perjalanan dan Alhamdulillah pukul 18.00 sampai rumah dengan selamat di rumah Bejen Temanggung.

1

Menyiapkan Liburan Akhir Tahun Ke Dieng

Golden Sunrise di Dieng

awansan.com – Dear pembaca semua, liburan akhir tahun  merupakan salah satu liburan yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia karena waktunya yang cukup panjang, Bagi pekerja kantoran sih libur tahun baru biasanya dimulai sejak Natal 25 Desember kemudian dilanjut cuti sampai akhir Desember 😆 , nah yang paling enak nih adalah siswa sekolah, karena liburakhir tahun bertepatan dengan libur semester sekolah #mantabh #banget .

Continue Reading
0

Touring Tipis Tipis Ke Embung Kledung Temanggung

Kabut di Daerah Kedu

 
awansan.com – Sobat bikers, setelah sekian lama libur touring motoran akhirnya weekend kemarin awansan berkesempatan touring lagi, meskipun secara jarak hanya touring jarak dekat tapi yang penting tetep bahagia .

Tujuan awansan kali ini adalah Embung Kledung yang terletak di perbatasan Temanggung dan Wonosobo, FYI embung ini diapit oleh dua gunung yaitu Sumbing dan Sindoro yang pastinya menawarkan pemandangan yang ajiiib banget, oh ya dalam turing kali ini awansan didampingi istri karena sebetulnya dia yang ngebet pengen kesana 😆 .

Continue Reading
4

Riding Santai Blusukan Ke Pedalaman Temanggung

Assalaamualaikum bro sist, libur tlah usai saatnya kita kembali ke dunia nyata 😀 , bagi awb rasanya berat sekali meninggalkan rumah orang tua tercinta, tapi sebagai kepala keluarga tentunya awb mempunyai tanggung jawab untuk memenuhi nafkah keluarga. FYI rumah orang tua awb ada di daerah Bejen Temanggung yang berada di pojok Utara Kabupaten, sedangkan rumah awb ada di Kranggan yang terletak di pojok Selatan Kabupaten Temanggung.

Continue Reading
14

Testing Kemampuan Honda Blade 125 FI , Touring Ke Dieng Via Jalur Ekstrim Jumprit

Assalaamualaikum bro sist, libur tahun baru kemarin menyisakan banyak kenangan bagi awb, well Alhamdulillah awb dan istri berkesempatan mengexplore keindahan alam Indonesia.

Kali ini awb bersama istri touring ke Dataran Tinggi Dieng, sebetulnya nggak niat touring lha wong dadakan juga, awalnya cuman mau iseng aja jalan jalan ke Jumprit malah keterusan ke Dieng, selain jalan jalan sekalian buat review si Blade 125, kuat nggak tuh kalau buat nanjak

Continue Reading
0

Menikmati Basahnya Jalan Setelah Hujan

Assalaamualaikum bro sist, bagi sebagian bikers mungkin jalan yang basah setelah hujan merupakan hal yang paling menjengkelkan, karena jalan menjadi licin serta membuat kotor baju dan motor. 

Tapi bagi awb jalanan sehabis hujan justru merupakan keadaan favorit, well menurut saya rasanya jadi lebih adem gitu, rasanya maknyesss,  selain itu jalan yang basah memaksa kita berjalan lebih pelan, sehingga kita bisa lebih menikmati jalan, berikut awb share beberapa foto ketika awb menikmati jalanan pasca hujan. 

Continue Reading
0

Touring ke Tempat Penimbunan Kayu Perhutani Bejen (Bejen Eco Park)

Assalaamualaikum bro sist, sebetulnya sudah sejak lama awb ngincer untuk berkunjung ke tempat ini, namun baru kesampaian kemaren , biasanya awb lewat tempat ini sudah gelap, tapi kemaren ngepasi masih sore, ya wiss langsung mlipir masuk saja, karena memang lokasinya di pinggir jalan besar.

Sesuai dengan namanya, sebetulnya tempat ini bukan tempat wisata, tapi merupakan tempat penimbunan kayu pinus milik perhutani, selain penimbunan kayu di tempat ini juga terdapat PPUS (Pusat Pembibitan Ulat Sutera), masuk tempat ini gratisss .

Well meskipun terletak di pinggir jalan tempat ini sangat sejuk karena dinaungi pohon pohon pinus yang sudah besar, anginnya semilir sepoi sepoi, dan juga pemandangannya ajiiib, seakan kita ada di lorong pepohonan

Tempat ini sesungguhnya sangat instagramable , selain pemandangan pinus terdapat juga pemandangan hutan dan lembah yang hijau, bisa diihat dengan mudah jika kita naik ke atas gelondongan kayu.

Jadi gimana bro sis? 
Pada pengen kesini apa nggak? 
Semoga kepengen

Wassalaamualaikum

Update :
Untuk saat ini , kawasan TPK sudah menjadi tempat wisata dengan nama “Bejen Eco Park” dengan tarif masuk 2000/orang , parkir motor 2000 dan parkir mobil 5000

5

Jaman Dulu Kendala Touring Itu "Dana". Jaman Sekarang Kendala Touring adalah "Waktu" 

touring to pacitan


Assalaamualaikum
Dear pembaca semua, awb kadang dibuat senyum senyum sendiri kalau teringat touring zaman dulu, well kebetulan pas kuliah dulu di Fakultas Geografi,  banyak temen temen sejurusan dan seangkatan yang gila touring baik cowok maupun cewek sampai terbentuklah Unit kegiatan Mahasiswa tidak resmi “UKM Touring” 😆 , jangan bayangkan touringnya pake motor sport +Box, touringnya rata rata cuman pake motor bebek seperti Supra Fit dan Supra X 125 saja . Gear riding favorit ya cuman jaket plus sendal gunung, mentok mentok pake sepatu kuliah .
namun itu semua tidak mematahkan semangat kita untuk tetep touring, kebetulan cewek cewek seangkatan awb juga termasuk tangguh tangguh diajak touring jarak jauh, meskipun nanti di tengah jalan kadamng suka teriak teriak takut ketika yang cowok cowok udah mulai ngebut 😆 ..

pasukan touring ke pulau sempu pas zaman kuliah, awb yang pakai slayer biru


Berikut ini adalah beberapa touring yang angkatan awb pernah lakukan selama masa kuliah.

Jogja –  Dieng PP
Jogja – Pacitan PP
Jogja – Sarangan – Madiun PP
Jogja – Banjar – Pangandaran PP
Jogja – Probolinggo – Bromo PP
Jogja – Malang – Pulau Sempu PP
Jogja – Pantai Ayah PP
Jogja – Banyuwangi – Bali PP

Itu untuk touring yang jauh jauh, kalau untuk touring yang deket seperti Jogja – Gunungkidul nampaknya sudah tak terhitung lagi, karena hampir setiap 1-2 minggu pasti kita touring bareng .
Waktu itu karena masih mahasiswa maka kendala touring terbesar kami adalah “dana”,  kita sering touring dengan dana mepet, kadang kadang pas touring sering juga khawatir kalau kehabisan dana, segala cara pun  dilakukan untuk menghemat pengeluaran ketika touring.  unutk makan kadang makan di tempat saudara teman sepanjang kota yang dilewati, sedangkan untuk istirahat, pom bensin dan masjid menjadi tempat favorit 😀 .

 Touring ke Bromo


Namun sekarang seiring berjalannya waktu, kendala touring telah bergeser, yang dulu adalah masalah dana, sekarang adalah masalah waktu.. Maklum sebagian besar dari kami sudah pada bekerja dan berkeluarga, kalau ada libur kerja mending buat istirahat/kumpul sama keluarga jadi sekarang sulit ngepasin waktu buat touring lagi 😆 , Acara touring bareng pun sudah berganti,  lebih banyak menjadi “Kondangan Bareng” itupun sekarang jarang yang pakai motor, rata rata lebih suka bawa mobil entah itu rental bareng / pakai milik pribadi, yah zaman memang sudah berganti 😀 ..
Adakah pembaca semua yang punya kenangan tentang touring juga, yuk mari kita nostalgia di kolom komentar
Wassalaamualaikum

Berdoa sebelum berangkat


 

Touring cuman pake supra


UKM Touring Goes to pangandaran


Touring Ke Dieng



UKM Touring On Bromo


Ukm Touring on pltu paiton, goes to bali


all photo by our beloved touring photographer “Wayan Wisnu Yoga Mahendra” thanks 😀
0

Touring Tipis Tipis, Blusukan Ke Perkebunan Karet Afdeling Bojongrejo 


awansan.com – Assalaamualaikum bro sis, yang namanya berwisata tidaklah  harus yang mahal dan jauh, kadangkala malah ada tempat wisata yang deket dan murah, pokoknya yang penting hati kita terhibur dan pikiran fresh kembali.

Berangkat dari Kota Temanggung sekitar pukul 15.00, alhamdulillah perjalanan cukup lancar , sehingga pukul 16.30 awansan sudah masuk di area perkebunan Bojongrejo, Perkebunan Bojongrejo merupakan salah satu perkebunan karet dibawah PTPN IX Afdeling Bojongrejo, dulunya merupakan perkebunan kopi namun sekarang sudah berganti menjadi tanaman karet, oh ya Jalan menuju kesini sudah mulus, tempatnya rindang dan sejuk, dan pastinya gratisss hehehe.. Nggak harus mahal lah “asalkan kau bahagia”.

iseng iseng aja nih, blusukan masuk lebih dalam ke perkebunan lewat jalan setapak, ternyata asyik lho bro sis, mata jadi adem menikmati hijaunya pemandangan, selain itu angin juga semilirr, besok lagi kalau kesini tinggal bawa hammock buat bersantai 😆 .

Di Afdeling Bojongrejo juga ada pabrik tua yang dulu digunakan untuk mengolah kopi, tapi sayang awb kemarin lupa untuk memfotonya gara gara keasyikan menikmati perkebunan. Tapi nggak papa, karena esensi wisata sebenarnya adalah hati yang gembira, bukan pamer di dunia maya, tetep hokya jangan lupa bahagia .

3

Road Trip Ke Embung Abimanyu Ngropoh Temanggung

awansan – Assalaamualaikum Dear pembaca semua, Jaman sekarang yang sektor pariwisata memang lagi bomming, apalagi ditambah dengan dukungan media sosial sehingga hampir setiap tempat wisata kini semakin mudah untuk terkenal. Setiap daerah pun berlomba lomba membuat tempat wisata baru tidak terkecuali Pemkab Temanggung yang emang lagi getol membuat embung – embung baru, selain untuk pariwisata embung embung ini juga digunakan untuk mengairi tanaman tanaman perkebunan disekitarnya.

Continue Reading