jump to navigation

Cara Melapisi Tangki dengan Fiber (menambal/mencegah tangki bocor) 18 September 2013

Posted by awansan in Tips dan Trik.
Tags: , , , , , , , , , ,
16 comments

Sesuai janji saya buat om Smartfaiz, mau buatin artikel tutorial tentang melapis tangki dengan fiber😀. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih ke pada om Sigit Yuliardi ( id Gajah Gendut ) yang telah menyusun tutorial ini, ane hanya menyebarkan saja, tutorial ini saya ambil dari toturial yang beliau share thread forum KAGOL ( Kaskus GL Owner Lounge) di kaskus😀

Sebelum ditambal apa yang harus kita lakukan pada tangki ??

1. Copot tangki, copot pelampung BBM, copot filter BBM

2.Kuras terlebih dahulu tangki kemudian cuci dengan rinso sampai bersih agar hilang bau BBM.

3.  Jemur di terik matahari sampai daleman tangki benar2 kering.

4.  Kalo sudah benar kering taruh tangki ditempat yg sejuk biar adem.\

5.  Tutup lubang pelampung dan filter BBM dengan Isolasi Ban, pastikan jgn ada celah.

6. Tangki siap untuk di isi Fiberglass

ALAT DAN BAHAN :

  • Resin, hardener/katalis dan MMA. MMA dipakai buat ngencerin resin biar gak terlalu kental. Pemakaian MMA umumnya tidak urgent. Bisa diabaikan. Harga resin sekilo 35-45rb (umum). Harga katalis/hardener 5rb sebotol kecil. Harga MMA per 100ml lupa. Gak pake MMA juga ga masalah
  • Resin, Hardener/Katalis (botol kecil2), dan MMA (ada tulisan MMA)
  • Woven roving atau matras. Kalo ane kemaren make barang bekas. Jadi tisu basah bekas gajah kecil ane cuci, keringkan, lalu ane pakai nembel tangkinya  : Kalau mau beli matras/woven roving biasanya di toko kimia yg jualan resin menyediakan. Harga 2rb-100rb. Tergantung tingkat kerapatan, ketebalan dan kekuatannya. Semakin rapat semakin mahal. Semakin tipis,lentur juga semakin mahal. Makanya ane make barang bekas aja   

Matras

  • Kuas. Buat ngeratain resin ke tangki.

Kuas

  • Thinner A. Buat ngebersihin kuas ketika kuas gak sedang dipakai ngeratain resin. Soalnya klo resin udah kadung mengeras di kuas, kuasnya akan terbuang sia2. Susah banget ilangnya (kecuali ente rendam pake aceton)

Thinner

MELAPISI BAGIAN LUAR TANGKI

1. Racik resin+katalis dengan perbandingan umum 100:2. Kalau mau cepet kering katalis bisa diperbanyak, tapi resin bakal mudah pecah/retak. Mending slow cure (pengeringan lambat), keringnya lama 1-2 hari, tapi resin bener2 kuat ga mudah pecah. Jumlah katalis juga tergantung cuaca/suhu. Kalo dingin, katalis bisa diperbanyak. Kalo sing bolong yg terik, katalis bisa dikurangi. Ane ngerjain siang hari yg panas, ane pakai perbandingan 100:1

2. Kalo udah, aduk sampai rata. Oleskan resin ke bagian luar tangki yg akan ditambal. tipis2 aja. Tempelkan matras ke bagian yg bolong. Usahakan matras dipotong kecil2 aja, disusun saling menumpuk lebih bagus (overlap), daripada lebar dan panjang. Hasilnya akan lebih kuat lapisan yg overlap

Nyampur resinnya dikit2 aja, misal tiap 4 sendok resin dengan setetes katalis. Daripada langsung banyak, ntar proses ente ngelapis belum selesai, resin keburu mengeras. Bakal sia2 ngebuang resin.

Olesi lagi sampai matrasnya bener2 basah kena resin. tekan2 matras yg basah tsb spy gelembung udara ilang dan bener2 nempel ke tangki mengikuti kontur lekukan tangki.

Ulangi sampe 2-3 lapis (tergantung ketebalan matras yg ente pakai). Ane pakai 3 lapis, karena tisu basah bener2 tipis (tapi ulet, susah robek).

Keringkan dengan cara dijemur atau diangin2kan. Biasanya biar bener2 kering memerlukan waktu antara 1-2 hari

Hasil Pelapisan Tangki

MELAPISI BAGAIAN DALAM TANGKI

Untuk melapisi dalamnya tangki dengan resin :
Daleman tangki umumnya membutuhkan resin segelas (+/- 200mL). Pakai 1/2 gelas dulu untuk sisi kanan, dan 1/2 untuk sisi kiri.

1. Campur 1/2 gelas resin dengan katalis (ane pakai 4 tetes), aduk, lalu tuangkan ke dalam tangki bagian kanan.

2. Putar-putar  tangki untuk meratakan resin ke semua lokasi di dalam tangki. Mutarnya jangan cepet2, soalnya resin kental gak seperti air. putar kanan kiri, atas bawah sampai dirasa cukup melapisi seluruh wilayah di dalam tangki.

3. Lanjut ke 1/2 sisanya untuk sisi kiri. Caranya sama spt diatas.

4. Kalo udah Selesai, jemur dan angin2kan resin selama 2-4 hari. Kalo udah keraba bener2 keras, resin udah kering.

Jika ada sisa resin, bisa ente balurkan ke bagian bawah tangki buat melapisi platnya. Jaga2 aja biar aman dari karat😀

 

 

Artikel Lain :

Catatan Nyonya Besar

Curhatan Emak Labil

Ariesusduabelas

hello, wordpress is using me

boemisayekti

:dari kata menjadi dunia

istribulebagus

Being a Bride was Nothing, Being a Wife was Everything. All about me since i got married to a yogi husband, that's how i learn yoga from my hubby ( eatwell and cook goodfood ) and also some story i wrote about my early life before i get merried or anything i like to write, and about my garden.

Bukan Ical :)

bukan siapa-siapa.

Pradila Maulia

Menyederhanakan Diri untuk Berubah

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

Lamunan Hati

Maju Terus Pantang Mundur

Pennadiri

Terkadang Sebuah Kisah Tercipta Dengan Sendirinya

NengWie

Lelengkah halu di Pangumbara'an

"Kisah 2 menit 1 detik"

Ya Allah, hisablah diriku dengan hisab yang mudah...

belajar sampai gila!

gemar belajar, cinta belajar, sampai gila belajar

idanursilawati

Setiap langit berhak memilih bintangnya masing masing

Kucing Loteng

A journey of a thousand miles begins with a single step

My Fairy World

Capture Moments into Words

A Blog of Mine

Laisse tes rêves te porter. Ils t'emméneront loin!

R G D V S

virtual garage

Between Sweet and Sour

Sebuah Kehidupan : Manis dan Asam

Diatas Jam 11

Waktunya Lari dan Bermimpi!

Rumahijaubelokiri

Menulis dan berbagi

Lifetime observer

chandraputri@outlook.com

Read Out Loud

An ordinary girl with her journal, enjoy :)

Ecchan's Chamber

Irrasshaimase!! Welcome to Maiden of Black Rose's Chamber

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 320 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: