jump to navigation

Cara Melapisi Tangki dengan Fiber (menambal/mencegah tangki bocor) 18 September 2013

Posted by awansan in Tips dan Trik.
Tags: , , , , , , , , , ,
17 comments

Sesuai janji saya buat om Smartfaiz, mau buatin artikel tutorial tentang melapis tangki dengan fiber :D. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih ke pada om Sigit Yuliardi ( id Gajah Gendut ) yang telah menyusun tutorial ini, ane hanya menyebarkan saja, tutorial ini saya ambil dari toturial yang beliau share thread forum KAGOL ( Kaskus GL Owner Lounge) di kaskus 😀

Sebelum ditambal apa yang harus kita lakukan pada tangki ??

1. Copot tangki, copot pelampung BBM, copot filter BBM

2.Kuras terlebih dahulu tangki kemudian cuci dengan rinso sampai bersih agar hilang bau BBM.

3.  Jemur di terik matahari sampai daleman tangki benar2 kering.

4.  Kalo sudah benar kering taruh tangki ditempat yg sejuk biar adem.\

5.  Tutup lubang pelampung dan filter BBM dengan Isolasi Ban, pastikan jgn ada celah.

6. Tangki siap untuk di isi Fiberglass

ALAT DAN BAHAN :

  • Resin, hardener/katalis dan MMA. MMA dipakai buat ngencerin resin biar gak terlalu kental. Pemakaian MMA umumnya tidak urgent. Bisa diabaikan. Harga resin sekilo 35-45rb (umum). Harga katalis/hardener 5rb sebotol kecil. Harga MMA per 100ml lupa. Gak pake MMA juga ga masalah
  • Resin, Hardener/Katalis (botol kecil2), dan MMA (ada tulisan MMA)
  • Woven roving atau matras. Kalo ane kemaren make barang bekas. Jadi tisu basah bekas gajah kecil ane cuci, keringkan, lalu ane pakai nembel tangkinya  : Kalau mau beli matras/woven roving biasanya di toko kimia yg jualan resin menyediakan. Harga 2rb-100rb. Tergantung tingkat kerapatan, ketebalan dan kekuatannya. Semakin rapat semakin mahal. Semakin tipis,lentur juga semakin mahal. Makanya ane make barang bekas aja   

Matras

  • Kuas. Buat ngeratain resin ke tangki.

Kuas

  • Thinner A. Buat ngebersihin kuas ketika kuas gak sedang dipakai ngeratain resin. Soalnya klo resin udah kadung mengeras di kuas, kuasnya akan terbuang sia2. Susah banget ilangnya (kecuali ente rendam pake aceton)

Thinner

MELAPISI BAGIAN LUAR TANGKI

1. Racik resin+katalis dengan perbandingan umum 100:2. Kalau mau cepet kering katalis bisa diperbanyak, tapi resin bakal mudah pecah/retak. Mending slow cure (pengeringan lambat), keringnya lama 1-2 hari, tapi resin bener2 kuat ga mudah pecah. Jumlah katalis juga tergantung cuaca/suhu. Kalo dingin, katalis bisa diperbanyak. Kalo sing bolong yg terik, katalis bisa dikurangi. Ane ngerjain siang hari yg panas, ane pakai perbandingan 100:1

2. Kalo udah, aduk sampai rata. Oleskan resin ke bagian luar tangki yg akan ditambal. tipis2 aja. Tempelkan matras ke bagian yg bolong. Usahakan matras dipotong kecil2 aja, disusun saling menumpuk lebih bagus (overlap), daripada lebar dan panjang. Hasilnya akan lebih kuat lapisan yg overlap

Nyampur resinnya dikit2 aja, misal tiap 4 sendok resin dengan setetes katalis. Daripada langsung banyak, ntar proses ente ngelapis belum selesai, resin keburu mengeras. Bakal sia2 ngebuang resin.

Olesi lagi sampai matrasnya bener2 basah kena resin. tekan2 matras yg basah tsb spy gelembung udara ilang dan bener2 nempel ke tangki mengikuti kontur lekukan tangki.

Ulangi sampe 2-3 lapis (tergantung ketebalan matras yg ente pakai). Ane pakai 3 lapis, karena tisu basah bener2 tipis (tapi ulet, susah robek).

Keringkan dengan cara dijemur atau diangin2kan. Biasanya biar bener2 kering memerlukan waktu antara 1-2 hari

Hasil Pelapisan Tangki

MELAPISI BAGAIAN DALAM TANGKI

Untuk melapisi dalamnya tangki dengan resin :
Daleman tangki umumnya membutuhkan resin segelas (+/- 200mL). Pakai 1/2 gelas dulu untuk sisi kanan, dan 1/2 untuk sisi kiri.

1. Campur 1/2 gelas resin dengan katalis (ane pakai 4 tetes), aduk, lalu tuangkan ke dalam tangki bagian kanan.

2. Putar-putar  tangki untuk meratakan resin ke semua lokasi di dalam tangki. Mutarnya jangan cepet2, soalnya resin kental gak seperti air. putar kanan kiri, atas bawah sampai dirasa cukup melapisi seluruh wilayah di dalam tangki.

3. Lanjut ke 1/2 sisanya untuk sisi kiri. Caranya sama spt diatas.

4. Kalo udah Selesai, jemur dan angin2kan resin selama 2-4 hari. Kalo udah keraba bener2 keras, resin udah kering.

Jika ada sisa resin, bisa ente balurkan ke bagian bawah tangki buat melapisi platnya. Jaga2 aja biar aman dari karat 😀

 

 

Artikel Lain :

bj44

~ The journey of a thousand miles begins with one step. ~ Lao Tzu

Sukma Pangastuti

Kumpulan memorabilia lucu yang sering membikin rindu

Banyak jalan, banyak cerita

have stories to tell, not stuff to show

Indonesia Tempo Doeloe

OLD TIMES NEVER DIE...

Overlanding

A blog dedicated to Toyota Land Cruiser

dtinta

This Blog is 99% for Fun

Catatan Abu Faiz

Sebuah catatan ayah juara

Yanto Musthofa

In this very short journey home, I dare not to dream of making a difference. The world is going to have a marker that I've ever been growing in it, ... that's all I have to dream of.

Pursuing My Bule

Love, life, lust, friendship, and adventures of a sweet, pretty, nice, smart, and amazing girl called Vallendri.^^

IT Center

Give You All about IT

Sekar Aprilia Maharani

Do good and good will come to you

Turn Back Fatim

Fatimah Subadiyo

Kunang-kunang

Pemimpi, ajari aku terbang

Jingga

Karena Menulis Itu Membahagiakan.

D Sukmana Adi

weekEndTraveller, Culinary, Lifestyle and Daily

limitedwithoutlimits

Life, Freedom, Infinity

%d blogger menyukai ini: