touring

Touring Jarak Pendek ke Embung Kledung Temanggung

Bismillah

Assalaamualaikum dear pembaca semua, setelah sekian lama libur touring akhirnya weekend kemarin awb berkesempatan touring juga, meskipun hanya touring jarak pendek gak papa yang penting tetap bahagia 😁.

Tujuan awb kali ini adalah Embung Kledung yang terletak di perbatasan Temanggung dan Wonosobo, FYI embung ini diapit oleh dua gunung yaitu Sumbing dan Sindoro yang pastinya menawarkan pemandangan yang ajiiib banget.

Berangkat dari rumah sekitar jam 06.00 pagi, dan langsung disambut dengan kabut super tebal di daerah kedu, motorpun dipacu dengan woless karena selain visibilatas terbatas, rider dan boncengernya juga kedinginan 😂😂.

Beruntung ketika memasuki Kota Parakan kabut menghilang dan jalan berubah menjadi cerah, dari jalanan kota sudah nampak Gunung Sindoro yang menjulang tinggi, motor tetap dipacu pelan untuk menikmati hangatnya mentari

Selepas Kota Parakan jalan mulai menanjak dan berkelok, hmm ini nih jalan favorit awb, karena selain jalannya mulus kita juga disuguhi dengan pemandangan yang sangat Indah di sepanjang jalan, kecepatan motor pun mulai dinaikkan karena perlu momentum untuk melibas tanjakan tanjakan panjang yang ada di jalur ini, di beberapa spot kita juga berhenti sekedar untuk menikmati pemandangan yang alam suguhkan.

Setelah 30 menit sampailah kita di Pom Bensin Kledung sambil clingak clinguk mencari plang penunjuk arah 😂😂, harus jeli memang karena plangnya kecil dan pertigaannya kecil.

Mulai masuk pertigaaan hingga ke Embung berjarak sekitar 1km, dengan jalan masih berupa batu terasah, ah untung aja shockbreaker si vixi kemarin habis diganti, jadi enjoy aja menghajar jalan yang gronjalan kayak gini.

Tak butuh waktu lama, sampailah kita di parkiran Embung Kledung, disini kita bayar karcis masuk dulu, cukup murah hanya 5000 rupiah saja per orang, dan dapet bonus stiker dari pihak pengelola 😁😁.. Sebetulnya harus parkir di bawah tapi awb penasaran aja pengen muterin embung, jadi motor awb bawa ke atas

Dan memang pemandangan disini betul betul Indah, nggak sia sia kita kedinginan dari rumah, sampai sini disambut dengan hangatnya menntari + disuguhi pemandangan yang sangat Indah dari Gunung Sumbing dan Sindoro.

Puas menikmati pemandangan di Embung, kita pun kemudian meneruskan perjalanan ke Basecamo Pendakian Gunung Sumbing di daerah Garung Wonosobo, sekedar nostalgia karena dulu awb sering mendaki gunung ini ketika SMA 😂😂, selain itu juga sekaliagus menikmati pemandangan Alam yang tak kalah ciamik 😁.

Puas menikmati pemandangan, akhirnya kita putar balik ke arah Temanggung, dan Alhamdulillah jam 08.30 kita sampai rumah kembali dengan selamat.

Iklan

Riding Santai Blusukan Ke Pedalaman Temanggung

Assalaamualaikum bro sist, libur tlah usai saatnya kita kembali ke dunia nyata 😀 , bagi awb rasanya berat sekali meninggalkan rumah orang tua tercinta, tapi sebagai kepala keluarga tentunya awb mempunyai tanggung jawab untuk memenuhi nafkah keluarga. FYI rumah orang tua awb ada di daerah Bejen Temanggung yang berada di pojok Utara Kabupaten, sedangkan rumah awb ada di Kranggan yang terletak di pojok Selatan Kabupaten Temanggung.

Jika Biasanya awb selalu lewat jalan besar, via Ngadirejo – Parakan – Temanggung – Kranggan, maka kali ini awb lewat jalur pinggiran, blusukan lewat Kaliputih – Muncar – Gemawang – Malebo – Temanggung .. awb tertarik lewat jalur ini karena teringat kata kata bapak jika jalannya jelek dan banyak tanjakan panjang yang mengerikan, welll dasar suka berpetualang, awb justru tertantang melewati jalur ini 😆 .

Berangkat dari rumah sekitar pukul 09.00 dan baru 3 km perjalanan kita langsung dihadapkan dengan tanjakan curam nan panjang di daerah kaliputih, tapi beruntung ternyata sekarang jalannya sudah di cor, jalan selanjutnya memang betul betul acakadul sepanjang sekitar 6 km, yang pake motor ceper dijamin jiper disini .

tetapi itu semua dikompensasi dengan pemndangan yang sangat indah, mengingat jalan ini membelah jalan perbukitan di perbatasan antara Kabupaten temanggung dan kabupaten kendal, lembah lembah terhampar indah dan dihiasi gunung dan bukit nan hijau, bahklan terlihat beberapa air terjun di lereng lereng bukit pinggir jalan,  sayang sekali awb tidak bisa banyak mendokumentasikan karena lebih berkonsentrasi melewati jalan yang ekstrim ini.

Tembus di daerah Muncar, hawa terasa semakin dingin, pemandangan muali berganti dengan banyaknya pohon cemara di sepanjang jalan, selain itu jalan disini juga terhitung muluss, bagi anda yang suka blusukan awb rekomendasikan daerah ini, karena ada banyak spot bagus untuk menikmati pemandangan yang super amazing 😀

Petualangan masih berlanjut, karena dari Muncar hingga Gemawang jalannya dipenuhi dengan tanjakan panjang, sedangkan pemandangan didominasi oleh pohon kopi, sudah bukan rahasia jika kecmatan Gemawang merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di daerah Kabupaten Temanggung.. Sisa perjalanan dari Gemawang hingga Kranggan bisa dibilang jalannya sudah sangat baik, datar, lebar dan halusss .

Jaman Dulu Kendala Touring Itu “Dana”. Jaman Sekarang Kendala Touring adalah “Waktu” 

Foto Wayan Wisnu Yoga Mahendra.

touring to pacitan

Assalaamualaikum

Dear pembaca semua, awb kadang dibuat senyum senyum sendiri kalau teringat touring zaman dulu, well kebetulan pas kuliah dulu di Fakultas Geografi,  banyak temen temen sejurusan dan seangkatan yang gila touring baik cowok maupun cewek sampai terbentuklah Unit kegiatan Mahasiswa tidak resmi “UKM Touring” 😆 , jangan bayangkan touringnya pake motor sport +Box, touringnya rata rata cuman pake motor bebek seperti Supra Fit dan Supra X 125 saja 😂😂. Gear riding favorit ya cuman jaket plus sendal gunung, mentok mentok pake sepatu kuliah .

namun itu semua tidak mematahkan semangat kita untuk tetep touring, kebetulan cewek cewek seangkatan awb juga termasuk tangguh tangguh diajak touring jarak jauh, meskipun nanti di tengah jalan kadamng suka teriak teriak takut ketika yang cowok cowok udah mulai ngebut 😆 ..

Foto Wayan Wisnu Yoga Mahendra.

pasukan touring ke pulau sempu pas zaman kuliah, awb yang pakai slayer biru

Berikut ini adalah beberapa touring yang angkatan awb pernah lakukan selama masa kuliah.

Jogja –  Dieng PP

Jogja – Pacitan PP

Jogja – Sarangan – Madiun PP

Jogja – Banjar – Pangandaran PP

Jogja – Probolinggo – Bromo PP

Jogja – Malang – Pulau Sempu PP

Jogja – Pantai Ayah PP

Jogja – Banyuwangi – Bali PP

Itu untuk touring yang jauh jauh, kalau untuk touring yang deket seperti Jogja – Gunungkidul nampaknya sudah tak terhitung lagi, karena hampir setiap 1-2 minggu pasti kita touring bareng .

Waktu itu karena masih mahasiswa maka kendala touring terbesar kami adalah “dana”,  kita sering touring dengan dana mepet, kadang kadang pas touring sering juga khawatir kalau kehabisan dana, segala cara pun  dilakukan untuk menghemat pengeluaran ketika touring.  unutk makan kadang makan di tempat saudara teman sepanjang kota yang dilewati, sedangkan untuk istirahat, pom bensin dan masjid menjadi tempat favorit 😀 .

Foto Wayan Wisnu Yoga Mahendra.

 Touring ke Bromo

Namun sekarang seiring berjalannya waktu, kendala touring telah bergeser, yang dulu adalah masalah dana, sekarang adalah masalah waktu.. Maklum sebagian besar dari kami sudah pada bekerja dan berkeluarga, kalau ada libur kerja mending buat istirahat/kumpul sama keluarga 😁 jadi sekarang sulit ngepasin waktu buat touring lagi 😆 , Acara touring bareng pun sudah berganti,  lebih banyak menjadi “Kondangan Bareng” itupun sekarang jarang yang pakai motor, rata rata lebih suka bawa mobil entah itu rental bareng / pakai milik pribadi, yah zaman memang sudah berganti 😀 ..

Adakah pembaca semua yang punya kenangan tentang touring juga, yuk mari kita nostalgia di kolom komentar

Wassalaamualaikum 😊

Foto Wayan Wisnu Yoga Mahendra.

Berdoa sebelum berangkat

 

Foto M Zain Wicaksono.

Touring cuman pake supra

Foto Wayan Wisnu Yoga Mahendra.

UKM Touring Goes to pangandaran

Foto Wayan Wisnu Yoga Mahendra.

Touring Ke Dieng

Foto Wayan Wisnu Yoga Mahendra.

Foto Aziz Ramdhani.

UKM Touring On Bromo

Foto Wayan Wisnu Yoga Mahendra.

Ukm Touring on pltu paiton, goes to bali

all photo by our beloved touring photographer “Wayan Wisnu Yoga Mahendra” thanks 😀

Edisi Blusukan ke Gemawang, Ketika Kondangan Berubah Menjadi Petualangan

Dear pembaca semua, awb tidak pernah mengira kalo kondangan kali ini bakal menjadi petualangan yang  amat seru, semua bermula dari Undangan alumni sekolah awb yang menikah, kebetulan kedua mempelai semuanya alumni , Guru dan karyawan sekolah pun akhirnya sepakat mencarter minibus buat berangkat kesana..

Perjalanan dari Kranggan ke Kecamatan Gemawang berlangsung lancar, tanpa ada kemacetan.  Semakin syahdu diiringi dengan gerimis rintik rintik yang merata di sepanjang jalan. Seperti biasa perjalanan menuju kondangan ramai diisi dengan canda tawa, apalagi bagi guru/karyawan yang masih lajang seperti awb, siap siap aja habis digasakin ..

Memasuki kawasan Gemawang, jalan mulai naik turun cukup curam, sedikit mengerikan berasa naik jet coster. Tetapi semua terobati dengan sejuknya udara dan pemandangan kebun kopi sepanjang pinggir jalan, fyi Kecamatan Gemawang sendiri merupakan salah satu kecamatan yang paling produktif menghasilkan kopi di Kabupaten Temanggung.. Dan sampailah kita di desa Muncar.. Sampai disini bis mentok karena jalan tidak memungkinkan lagi.. (lebih…)

Jalan Jalan pagi Ke Sawah,  Suegerre rek 😁😁

Dear pembaca semua,  salah satu alasan yang membuat awb krasan tinggal di desa adalah pemendangannya,  selain itu udara juga masih segarr.. 

Kebetulan nih Di dekat desa awb banyak spot spot uhuyy untuk cari angin segar tiap pagi hehehe.. Ndak perlu piknik ke ancoll apa trans studioo,  bagi awb mah jalan jalan ke sawah yg lagi ijo ijonya jauh lebih buat fresh pikiran, dan tentunya muraahh semurah murahnya.

Kali ini awb jalan jalan bareng sepupu awb yang dateng dari surabaya,  anggep aja sekalian momong hehehe..  Sangat menyenangkan lihat sawah ijoo + hembusan angin segar pagi harii,  rasane mak nyesss 😁😁

selain sawah ada juga sungai deras, macam pemandangan di luar negeri,  potensial nih kayake kalo buat arung jeram 

Well well cukup sekian postingan kali ini. Semoga pada kangen juga sama desa masing masing hehehe