Sejarah Truk MB700 dan MB800 , Ketika Mercedes berniat Menjungkal Mitsubishi

Image result for mb700

awansan.com – Dear pembaca semua kembali lagi kita bertemu dalam artikel sejarah otomotif, kali ini kita akan membahas tentang light truck MB700 dan MB800 yang sempat beredar di Indonesia hiingga tahun 200an, awalnya awansan cukup kesulitan mencari referensi tentang truk ini, mengingat masa edarnya yang pendek dan jumlah yang beredar hanya sedikit, namun beruntung ternyata om ranger giga membahasnya secara komplit di fb sejarah transportasi.

MB700 dan MB800 merupakan light truck Mercedes yang dirancang, dibuat, dan (awalnya) hanya dipasarkan di Indonesia, Mengapa di Indonesia? Karena volume penjualan truk ringan yang tinggi dan sejarah Mercedes pernah beberapa kali menguasai tahta pasar truk dan bus di Indonesia, membuat Mercedes ingin mengulang kesuksesannya.

Oleh karena itu, dirancang lah sebuah truk dengan komponen – komponen terbaik, yang disesuaikan untuk Indonesia, yakni truk yg berharga kompetitif, mesin tangguh, perawatan mudah, mampu muat beban banyak, serta konsumsi bbm ekonomis.

Hasilnya, di tahun 1994, secara resmi dipasarkan truk MB700 sebagai hasil karya tim Mercedes Indonesia. Truk MB700 ini dibekali dengan kabin dari MB100 Van/pick up di Eropa yg sudah dimodifikasi. Mesin menggunakan OM364 non turbo dan turbo, yg merupakan “irisan” dari OM366 yg terkenal irit, dgn suku cadang yg sama.

Versi non turbo menghasilkan tenaga 90hp (DIN), turbo (ATL) 122hp (DIN), dimana jika dikonversi menjadi satuan JIS (Standart Jepang) mencapai 140ps. Tenaga terbesar untuk Light Truck di masa itu. GVW maksimal non turbo 7.5T, dan untuk versi turbo 7.9T.

Transmisi MB700 menggunakan seri G2 dengan branding Tata GBS27, yang disalurkan ke propeller shaft merek Spicer. Axle depan juga diambil dari Tata yg berjarak pijak super lebar, untuk kestabilan. Axle belakang mengusung buatan Rockwell AAL-series. Truk MB700 ini dibekali chassis yg terbesar di kelas truk ringan hingga saat ini, dengan tipe straight frame yg tangguh.

Untuk sektor pengereman, MB 700 menggunakan rem tipe hydraulic vacuum dengan sepatu rem ukuran 320x90mm. Uniknya truk MB700 ini juga dibekali option resmi power steering merek Koyo, dan pilihan rear axle ratio, mulai 3.71:1, 4.10:1, hingga 4.56:1 yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

MB700 ini juga tersedia dalam varian chassis bus dengan wheelbase hingga 3.8m.

Pada Akhir tahun 1997, muncul generasi kedua MB700 yang berjuluk MB800. Pada tipe ini tampilan MB700 diperbaharui dengan front fascia serta bumper yang lebih anggun, dashboard baru, dan atap tinggi. Transmisi menggunakan ZF S5-42, dan sedikit perubahan pada per selebihnya masih sama dgn MB700. Versi MB800 ini akhirnya diekspor jg ke Afrika dan Turki.

Mesin terpasang : OM364A Turbocharge Direct Injection –
Kapasitas Mesin : 3972cc –
Power Mesin : 122HP / 2600Rpm –
Torsi Mesin : 40Kgm / 1500Rpm –
Persneling : Manual ZFS 5 – 42


Source artikel : Fb Ranger Giga

Source picture : achenk177

Iklan

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.