Alasan Kendaraan Tambang Berwarna Putih

awansan.com – Bro sis sekalian, area tambang merupakan salah satu kawasan yang penuh dengan kendaraan dan alat berat, mulai dari Excavacator, Mining Truck hingga Dump Truck biasa, namun menariknya Jika diperhatikan di tengah kendaraan berat yang berwarna kuning tersebut justru banyak mobil operasional pertambangan justru berwarna putih, Mulai dari double cabin (dcab) sampai bus khusus karyawan memiliki warna yang sama.

Tentunya pemilihan warna putih ini tidaklah sembarangan, warna putih dipilih karena safety atau keselamatan. Di area tambang butuh kewaspadaan yang tinggi, salah satunya dengan menggunakan warna mobil yang cerah agar mudah terlihat oleh alat berat dan truk yang memiliki blind spot yang besar, Bila diletakkan di titik terjauh, warna putih paling mudah terlihat, setelah itu baru warna kuning. Namun kuning jika digunakan di area tambang, akan sulit terlihat karena menyatu dengan asap dan debu

Bus Karyawan di Area Tambang

Selain warna putih, biasanya mobil operasional tambang juga ditambahkan beberapa aksesoris tambaan seperti lampu rotary, spot lamp dan stiker reflektif (pemantul cahaya), agar kendaraan – kendaraan tersebut semakin mudah terlihat oleh kendaraan yang lebih besar dan tinggi yang beroperasi di lingkungan tambang.

(Visited 44 times, 1 visits today)

2 comments

  • Joe

    oooh itu toh alasan y, pantesan setiap unit yg datang di tempat kerja saya selalu warna putih kalau truk eropa…wkwkwkwk… tapi ada unit Hino masih warna hijau.

  • awansan – Automotive Enthusiast
    awansan

    hehe kalau kendaraan besar spt dump truk kadang memang masih warna asli om, tapi Hino yang profia 700 sudah putih juga biasanya , yg hijau p0lg fm 260

Leave a Reply