1

Mengenal Scania F Series, Satu – Satunya Bus Scania Bermesin Depan di Indonesia


awansan.com – Sebagai salah satu Po besar di Indonesia, Nama Po Nusantara tentulah tidak asing ditelinga para bismania,  Po yang bermarkas di Kota Kudus ini dikenal sebagai Po kelas Eksekutif dengan  dukungan armada bus berchasis premium dan karoseri yang mewah. Uniknya lagi Po ini juga mempunyai beberapa chasis bus langka yang hanya ada satu di Indonesia, nah jika kemarin kita sudah membahas tentang Volvo B12M Omah Mlaku , maka pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Scania F Series.

Berdasarkan arsip berita resmi Po Nusantara, Scania F series mulai memperkuat armada Po Nusantara sejak tahun 2008, agak terlambat memang mengingat kakak – kakanya seperti Scania K114 dan K124 Ib sudah jauh lebih dulu masuk Indonesia sejak tahun 2000an, namun kemunculannya saat itu tetap membuat penasaran banyak bismania, mengingat tipe ini cuma ada satu di Indonesia, entah itu memang khusus pesanan Po Nusantara atau hanya produk test pasar dari United Tractor selaku ATPM Scania di Indonesia.


Scania F series merupakan satu satunya bus Scania yang menggunakan konfigurasi mesin front engine (mesin depan), berbeda dengan pakem Scania yang selama ini selalu menggunakan konfigurasi rear engine bagi produk produknya di Indonesia, selain itu Scania F series juga masih menggunakan suspensi leaf spring bukan air suspension seperti kebanyakan bus Scania.

Urusan dapur pacu, Scania F series  menggunakan mesin Diesel Scania DC09 berkapasitas 9300 cc, uniknya mesin ini adalah konfigurasinya yang hanya 5 silinder inline, berbeda dengan mesin sekelas dari pabrikan Jepang dan Jerman yang selalu memakai konfigurasi 6 silinder inline.
Namun meskipun hanya 5 silinder, mesin ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena dengan dukungan turbo intercooler mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 250 hp dan torsi maksimal 1115 nm, jauh di atas lawan lawannya dari pabrikan sebelah , tenaga dari mesin kemudian disalurkan ke roda via transmisi manual 6 percepatan G701.

Untuk urusan karoseri, Po Nusantara mempercayakan pembuatan body bus ini pada Karoseri Adiputro Malang dengan trim Royal Coach E,  Oh ya bus ini masih beroperasi hingga sekarang lho, oleh Po Nusantara dijadikan Armada Bus Patas pada trayek Semarang – Jogja , nah silahkan bagi yang pengen nyobain bus ini sering sering aja tongkrong di terminal sukun semarang atau terminal jombor jogja 😀

Spesifikasi Scania F Series

BrandScania
Model nameF Series HB 4×2 HZ


EngineDC09 109 250, 9300 cc
Engine output HP250 HP
Engine output kW184 kW
Engine torque1115 Nm
Cylinders5
  
Engine Location (Front/Rear)Front


FuelDiesel
Fuel tanks2
Tank Volume300 Liter x 2


  
Tiltable SteeringYes
Cruise ControlYes
Power SteeringYes


  
Suspension typeLeaf springs
Transmission TypeG701 Manual
Gears6-speed
Axle configuration4×2
Tyres – Front295/80 R22, 5
Tyres – Rear295/80 R22, 5


Brake SystemDrum brakes
Parking BrakesYes


Length9600 mm
Width2474 mm
Wheelbase (mm)6500 mm
Max. payload5503 kg


Front Overhang1900 mm
Rear Overhang1200 mm
Floor TypeHigh floor

[archives limit=10]

(Visited 267 times, 1 visits today)

awansan