Sejarah Bus dan Truk Steyr 590 di Indonesia, Ternyata Pernah Masuk Juga !!

awansan.com – Dear pembaca semua, iseng iseng browsing dan awb dibuat terkaget-kaget ketika nemu brosur jadul ini, hmm ternyata Truk Steyr pernah masuk Indonesia juga, padahal dulu awb kira hanya Truk Thames Trader, Ford D series, Bedford, Chevrolet, Dodge, dan Fargo yang mendominasi jalanan Indonesia, maklum literasi tentang truk Steyr ini sangat langka, bahkan fotonya pun awb belum pernah menemui .

Mungkin pembaca semua asing dengan merk “Steyr” padahal merk ini merupakan salah satu produsen mesin kendaraan dari Negara Austria, merk ini termasuk terkemuka di benua Eropa, salah satu produk Steyr yang terkenal di Indonesia adalah Steyr Puch Haflinger, yang pernah didatangkan dalam jumlah banyak oleh TNI dalam rangka operasi Dwikora. Produk lainnya adalah Mercedes Benz G-Wagon, nah untuk yang terakhir ini sih masih banyak sliweran di jalanan Indonesia, mesin diesel Steyr juga dilisensi oleh texmaco untuk mentenagai bus dan truk merk “Perkasa”,  tetapi untuk kendaraan truk “Steyr” informasi yang ada almost Zero.

Berdasarkan brosur yang ada, Truk “Steyr-Daimler-Puch” disitribusikan oleh PT TONA’ASKU yang berkedudukan di Jakarta, Sedangkan PT Pamos merupakan Assembler sekaligus ATPM merk “Steyr-Daimler-Puch” di Indonesia.

Tipe Truk Steyr yang masuk Indonesia adalah Steyr 590, yang tersedia dalam dua model, yaitu Truk dan Chasis Bus .. Steyr 590 sendiri meruapakan model terkecil dari generasi truk Steyr 90.. dengan kapasitas angkut 5-6 ton.. Steyr 590 juga tersedia dalam varian Long Chasis dan Short Chasis ..

Sebagai penggerak kendaraan, digunakanlah Mesin Diesel Direct Injection Steyr. dengan konfigurasi 6 silinder berkapsitas 5976 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 110 hp @2600 rpm dan torsi maksimal 370nm@1600 rpm.. cukup bertenaga untuk ukuran truk sedang.. yang unik adalah mesin ini bisa ditarik keluar dari moncong, jadi ketika turun mesin/service tidak perlu dibongkar total 😆 , suatu fitur unik yang hingga sekarang belum ada yang menyamai. Transmisi yang digunakan masih manual dengan 5 percepatan maju dan 1 mundur… Sedangkan  sistem rem masih hidrolis, tetapi dibantu rem angin yang digerakkan oleh mesin.

sayang sekali karena minimnya informasi, tidak diketahui tahun berapa truk ini masuk, tidak diketahui juga berpa jumalah yang beredar di Indonesia

 

Advertisements

4 comments

  1. Di era tahun 50 an sampai tahun 70an bus Styer Puch merupakan armada bus dari PO Cahaya Riau yang beroperasi di Jawa dan Sumatra dan merupakan salah satu perintis angkutan lintas sumatera pada masanya.
    PUCH STEYER Merupakan armada andalan usaha bus keluarga kami pada saat itu yang jumlahnya 7 unit menggantilan Chevrolet Sub Urban.

    Like

    1. Wah terima kasih infonya pak 🙏, baru tahu kalau ternyata sampai lintas jawa sumatra, mungkin bisa dituliskan sekalian kesan memakai bus steyr, mengingat bus ini populasinya cukup langka

      Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.