Membaca Spek Kendaraan Komersial, apa itu GVW dan GCW ?

awansan.com – Pembaca yang budiman, ketika kita membaca suatu brosur , mungkin ada beberapa orang yang masih bingung dalam menafsirkan istilah istilahnya , terutama untuk istilah- istilah yang menunjukkan berat kendaraan seperti GVW , GVWR, GCW, dan GCWR. Untuk kendaraan pribadi istilah di atas jarang digunakan, tapi untuk kendaraan komersial (pick up, bus, dan truk dll) istilah ini pasti ada .

Contoh Spek Chasis

Nah agar tidak bingung lagi, kali ini awansan bakal kasih pengertiannya secara lengkap 😀

1. Gross vehicle weight (GVW)
GVW merupakan Berat Total sebuah kendaraan tunggal ditambah dengan berat muatan.

yang dimaksud dengan kendaraan tunggal disini adalah kendaraan yang tidak menggunakan gandengan , seperti minibus, pick up, truk engkel , truk tronton dsb .

Sebagai contoh berat kosong truk Colt Diesel adalah 2,3 ton sedangkan muatannya 5,2 ton, jadi GVW truk colt diesel tersebut adalah 7,5 ton.

2. Gross  vehicle  weight  rating  (GVWR)  :
GVWR merupakan batas maksimal GVW yang sudah ditentukan oleh pabrikan . Dalam menetapkan angka ini pabrikan sudah memperhitungkan kekuatan mesin, chassis, rem, suspensi dan axle.

Contoh GVWR Mitsubihi Colt Diesel adalah 7,5 Ton , jika berat kosong kendaraan adalah 2,3 Ton , maka muatan maksimal yang diperbolehkan adalah 5,2 Ton

3. Gross combination weight (GCW)
GCW sebetulnya sama dengan GVW, hanya saja istilah GCW ditujukan untuk kendaraan gandengan, GCW adalah Gabungan dari total berat kendaraan (power unit/tractor head)  ditambah dengan berat trailer dan muatannya.

4. Gross combination weight rating (GCWR)
GCW merupakan batas maksimal GCW yang telah ditetapkan oleh pabrikan untuk suatu kombinasi kendaraan (misalnya tractor head beserta semi trailernya).

GCWR ini pasti lebih besar dibanding GVWR. Contoh Truk MB 2634 yang GVWR-nya 26 ton mempunyai GCWR sampai 60 ton. Bahkan MB Actros 3355 dengan special design mempunyai GVWR sampai 120 ton.

5. Curb weight / berat kosong kendaraan
berat kendaraan dalam keadaan kosong tanpa muatan dan operator, tetapi dalam keadaan tanki bahan bakar, radiator dan pelumas mesin tersisi. Berat ini juga termasuk berat toolkit (dongkrak, kunci pas dll), ban cadangan, juga peralatan2 lain yang dinyatakan oleh pihak manufacturer sebagai perlengkapan standart.

Sebagai Contoh berat kosong (Curb weight) untuk bis sekelas OH-1525, RG dan RK8 sekitar 10 ton, Scania K Series 11 – 12 ton

6. Axle weight  
berat yang didistribusikan ke jalan oleh sebuah axle.

7. Gross axle weight rating (GAWR)
batas maksimal berat yang didistribusikan ke jalan yang mampu didukung oleh sebuah axle.

Nah gimana pembaca semua, sekarang udah nggak bingung lagi kan dengan istilah istilah tersebut 😀 , thanks for reading and see you next time 😀 ..

Source : bismania community, hino indomobil

Advertisements

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.