Bus Bus Bertameng Besi dari Tanah Sumatera

Dear pembaca semua, ibarat pepatah “lain lubuk lain ikannya”  begitu pula dengan kondisi transportasi di Indonesia.. tentunya tiap daerah mempunyai ciri khas masing masing yang di sesuaikan dengan keadaan wilayahnys.. Salah satunya adalah wilayah Sumatera karena disana banyak dijumpai bus bus dengan tameng besi di kaca depan.. well ketika lihat bus dengan tameng besi maka bisa disimpulin itu bus pasti bus dari sumatera/arah ke sumatera 😅..

mungkin kita semua bingung, ini bus ngapa sih kok pake tameng besi segala ???.. brasa mobil anti huru hara milik polisi aja 😂, atau malah kayak mobil tahanan kejaksaaan ..

Well memang fungsi tameng itu mirip dengan tameng mobil polisi, yaitu melindungi kendaraan dari lemparan benda asing.. Hal ini dilakukan untuk melindungi sopir dan bus dari lemparan batu yang memang marak terjadi di Sumatera.. bahkan tak jarang lemparan batu tersebut menyebabkan kecelakaan karena mengenai supir bus sehingga bus tidak terkndali kemudian kecelakaan..

Menurut awb sendiri, pemasangan tameng besi malah bikin bus terlihat lebih garang .. yah walaupun secara visibilitas tentunya cukup menganggu pandangan sopirr.. last awb berharap tidak ada lagi kasus pelemparan batu terhadap bus yang bisa membahayakan sopir dan pemumpang bus, sehingga tidak perlu pasang tameng yang mengganggu visibilitas sopir 😉..

credit photo : @bissumatera @sukafotobis @acehbuslover @r.a.purba

Advertisements

14 comments

  1. Saking seramnya line Sumatera

    Tapi bis dari luar Jawa, misal pk, lorena, KD, dan bis asal Jawa lainnya santai aja ya, g dipasang tameng. Apa para “Bajing loncat” takut sama ownernya 😀

    Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.