13

Isuzu NPS 75 4×4 , Truk Taktis Terbaru Andalan TNI

Isuzu NPS 75 . Dok Tribun News

awansan.com – Sobat Truckmania, setelah sekian lama menggunakan truk-truk taktis lama buatan Eropa dan Amerika seperti Truk Unimog dan Truk Reo akhirnya TNI kembali meremajakan kendaraan taktisnya secara besar besaran dengan membeli ratusan truk baru, tak kurang dari 965 truk diborong TNI dari pabrikan Kondang Isuzu Motor Jepang.

Pembelian ini termasuk salah satu yang paling besar untuk kategori truk taktis, yang awansan ingat TNI pernah membeli truk dalam jumlah besar pada tahun 1981, saat itu didatangkan truk Unimog tipe U1300L sebanyak 200 unit. Tipe ini dipakai militer untuk kebutuhan penarik meriam (artileri). Sekitar 1990-an, kemudian datang lagi 40 unit tipe U1550L untuk kebutuhan Marinir.

Rantis Unimog (Penarik Meriam)

Pembelian truk angkut TNI dari Isuzu ini terbagi atas dua jenis, yakni 665 unit Isuzu NPS 75 4×4 berkapasitas 2,5 ton sebagai truk taktis , dan 300 unit truk Isuzu FVZ 34 6×4 berkapasitas 5 ton kendaraan angkut amunisi.

Dilihat dari sejarahnya Isuzu bukan pemasok barang baru bagi TNI sebelum kedatangan Truk NPS 75 awb sudah sering melihat truk NPS generasi sebelumnya berlalu lalang di jalanan ketika ada kegiatan TNI, hanya saja memang informasi tentang truk tersebut amat sedikit.

Bisa dilihat di foto bawah ini nampak Truk NPS Generasi Sebelumnya. Truk NPS pada dasarnya adalah truk untuk sipil, tetapi karena sudah dilengkapi sistem penggerak 4×4 kemudian truk ini pun menarik minat TNI.

Isuzu NPS Gen1

Karena truk ini dibuat berdasar spek khusus, maka produksi Truk pun seutuhnya dilakukan di Fujisawa Jepang, baru kemudian kit nya dirakit oleh Isuzu Indonesia.  

Secara dimensi, truk ini sedikit lebih besar daripada light duty truk biasa yang beredar di Indonesia , berdasar website Isuzu diketahui Dimensinya, panjangnya adalah 5.985 mm x Lebar 2.040 mm x tinggi 2.455 mm dengan wheelbase 3.365 mm. Berat kosong truk ini menurut spesifikasinya tercatat 2.910 kg sementara berat kotornya 6.000 kg. sedangkan untuk radius putarnya mencapai 7.1 meter.

Sebagai kendaraan taktis maka mutlak dibutuhkan mesin yang powerfull, Isuzu NPS 75 pun kemudian dibekali dengan mesin yang lebih besar daripada truk truk sekelasnya, truk ini menggunakan mesin Isuzu tipe HK1-TCN berkapasitas 5.193 cc dengan tenaga maksimum mencapai 150 PS/2600 rpm dan torsi puncak 400 Nm/1.500-2.600 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi Isuzu MYY5T, 5 percepatan maju dengan final gear ratio 5,125:1

Seperti standar kendaraan TNI lainnya, truk juga sudah dilengkapi dengan sistem penggerak 4×4, sehingga  truk ini mampu menembus medan sulit, terjal, dan berlumpur, untuk sektor pengereman, Isuzu NPS mengandalkan rem hydraulic dual circuit dengan didukung fitur pengereman pada gas buang dan rem parkir pada transmisi

Untuk sektor kaki kaki, masih menggunakan suspensi semi eliptical leaf spring di depan dan belakang, sedangkan untuk roda depan menggunakan ban single ukuran 7.50-16R-10 L dan roda belakang ganda ukuran 7.50-16R-10L. Kapasitas tangki solar 100 liter dan dilengkapi juga dengan kabin jungkit untuk memudahkan pemeriksaan dan perawatan mesin berkala .

Meskipun mengambil basis dari truk sipil, Isuzu NPS 75 dalam versi militer ini dilengkapi 40 komponen tambahan khusus dibanding NPS 75 standar. Diantaranya adalah winch yang terintegrasi dengan bumper baja yang dilengkapi bulbar, sepasang lampu tengkorak depan belakang, sebuah lampu black out sebelah kanan bumper, lubang palka diatas kabin, hook model anting depan, dan towing hook belakang, dudukan senapan serbu di dalam kabin, socket untuk alat komunikasi dan lampu baca di dashboard. Untuk memperpanjang jarak tempuh,  truk juga mempunyai dua tangki jirigen yang ditempatkan  dalam bak.

Dari total 665 unit Isuzu NPS 75 4×4 yang dipesan Kemhan, 305 unit diserahkan untuk TNI AD dengan warna army green, TNI AL (Marinir) mendapat 175 unit dengan cat marine green, TNI AU mendapat 113 dengan warna empire blue, serta Mabes TNI mendapat 64 unit dengan warna black solid. Tidak itu saja, ada empat unit Isuzu NPS 75 dengan warna super white yang dipersiapkan untuk misi pasukan PBB. Well selamat bertugas NPS 75 semoga aweet 😀

sumber : indomiliter.com, indotrucker, google, tribunnews,

(Visited 187 times, 1 visits today)

awansan

13 Comments

  1. Awet tenan nak gur muat 2,5 – 5 Ton, biasanya untuk angkutan umum bisa dimuatin 13 dan 25Ton

  2. Meskipun muatan cuma 2,5 ton di pasir pantai dijamin ambles, ban udh pake army lug 9,00×16.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *