Mengenang Bus Dongfeng Sumber Kencono , Pelari Terkencang di Lintas Jogja – Surabaya

Bus Dongfeng Sumber Kencono. Dok SK Loverz

awansan.com – Masyarakat di sepanjang jalur Yogya – Surabaya tentunya sudah tidak asing dengan perusahaan otobus yang satu ini, sebagai salah satu po yang sudah melayani jalur ini sejak tahun 1981, bisa dibilang Sumber group merupakan perusahaan otobus yang dibenci sekaligus dicintai oleh masyarakat di lintasannya, dibenci karena perilakunya sering ugal- ugalan di jalan, namun juga dicintai karena bus ini cepat, tepat waktu, dan tarifnya standar, sangat bisa diandalkan bagi para penumpangnya untuk mengejar waktu, maka tak heran bus ini juga mempunyai banyak penggemar setia yang kemudian tergabung dalam berbagai group sosmed sklovers/sg lovers.

Bus yang kencang, tentunya juga harus didukung chasis yang mumpuni juga , salah satu chasis legendaris yang pernah digunakan oleh Sumber Kencono adalah Chasis Bus Dongfeng yang mulai di datangkan pada tahun 2008, Agak sulit untuk menemukan tipe chasis dongfeng yang dipakai oleh Sumber Kencono, tetapi setelah mencari di berbagai sumber diperkirakan tipe chasis yang dipakai adalah Dongfeng EQ6120KSD, karena inilah satu satunya chasis bus front engine buatan Dongfeng yang mempunyai panjang 12m.

Besar kemungkinan chasis ini masuk melalui PT Indo Dongfeng Motor yang pada kurun waktu sama banyak mendatangkan bus medium Dongfeng EQ6841KR , saat itu chasis merk Dongfeng tergolong barang baru, bahkan untuk kelas big bus front engine , hanya sumber group saja yang menggunakan, entah apa alasan sumber group memilih chasis ini, mengingat jumlah yang di datangkan cukup banyak mencapai puluhan unit dan semuanya menggunakan Karoseri Laksana.

Engine Bay Dongfeng besar seperti peti mati . Dok bismania

Bus Dongfeng Sumber Kencono mudah dikenali dari kaki kakinya yang menggunakan baut 10 dan juga dari besarnya ukuran engine bay di samping sopir, saking besarnya engine bay ini sering disebut juga dengan peti mati berjalan, ciri khas lainnya adalah seat tunggal untuk kursi baris paling depan, bisa dilihat pada foto di atas. Suara mesinnya juga khas karena lebih keras dibanding mesin dari merk lain, apalagi ketika knalpotnya sudah dibobok, dari jauh juga sudah kedengeran kalau dongfeng ini mau lewat.

Untuk sektor mesin, Chasis dongfeng EQ6120KSD menggunakan diesel Yuchai YC6G270-20 , konfigurasinya 6 silinder inline , 7800 cc, dan sudah dilengkapi dengan turbocharger keluaran honeywheel + intercooler, sedangkan untuk injectornya ber merk wuxi/bosch , tenaga maksimal yuchai ini adalah 270 ps @ 2500 rpm, 55 ps lebih besar dibanding Hino AK215, yang istimewa dari mesin ini adalah torsi raksasanya yang mencapai 1080 nm @ 1500 rpm , torsi ini bahkan masih jauh lebih besar jika dibanding Hino RK 260 sekalipun yang hanya bertorsi 750 nm , dengan torsi sebesar itu maka wajar saja jika si Dongfeng mempunyai performa ganas di jalanan, baik itu urusan tarikan maupun top speednya.

Dashboard bus Dongfeng milik Sumber Kencono . dok Yan Aditya P

Saat pertama muncul chasis ini cukup membuat gempar dunia perbusan karena memang bertenaga besar, sehingga mampu berlari lebih kencang dibanding para kompetitor, rasio transmisinya juga panjang panjang sehingga cocok buat playon di jalan, beberapa sopir mengatakan bus dongfeng ini mampu dipacu lebih dari 140 km/j , rekor kecepatan yang cukup fantastis untuk saat itu bahkan hingga sekarang.

Namun ternyata tenaga besar tersebut tidak diimbangi dengan rem yang mumpuni, meskipun sebetulnya Chasis Dongfeng sudah mengaplikasikan rem full air brake dan ukuran teromol yang lebih besar dibanding Hino, rem dongfeng dikenal kurang pakem dan juga sering selip, apalagi pas musim hujan. Sebetulnya pihak garasi sumber sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah rem ini, mulai dari penambahan retarder, penggantian tromol rem bawaan pabrik bahkan menambah karung pasir di bagian bagasi bus agar rem lebih menggigit, namun ternyata semua hal tersebut belum cukup untuk mengatasi masalah rem si dongfeng.

Masalah lainnya adalah chasis yang terlalu rigid dan juga per terlalu keras, selain berpengaruh ke kenyamanan penumpang, dua hal tersebut juga berpengaruh ke daya cengkeram ban ke aspal, utamanya ketika bus dalam keadaan menikung.

Chasis Bus Dongfeng SK, Dok Alexander I

Akibat masalah rem inilah kemudian chasis dongfeng sering mengalami kecelakaan, dan mencapai puncaknya ketika Sumber Kencono Dongfeng bernopol W7113UY mengalami kecelakaan Ngawi, pasca kecelakaan inlah kemudian banyak Chasis Dongfeng milik sumber kencono mulai dijual hingga habis, sumber group pun kemudian kembali menggunakan chasis untuk seluruh armadanya terdiri dari Hino AK8 untuk bus ATB dan Hino RK8 untuk kelas patas .

Setelah dijual, sebagian besar Bus Dongfeng milik Sumber Kencono jatuh ke tangan Po Parahyangan dari Jawa Barat, dan masih dioperasikan hingga kini sebagai bus karyawan, sebagian lagi jatuh ke tangan Po Ladju namun kini sudah tidak diketahui nasibnya.

SPESIFIKASI BUS DONGFENG EQ6120KSD

Chassis modelEQ6120KSD coach bus chassis 12m
Overall simension(mm)10360/10760×2462
Wheel track(mm)Front/rear   2030/1860
Wheelbase (mm)5800/6200
Front/rear suspension(mm)1900/2660
Min ground clearance(mm)248
Ground clearance of upper frame(full load)mmFront axle  900
Rear axle  920
Tare weitht(kg)4300/5450
Authorized total mass(kg)16000
Front/rear axle load(kg)5500/10500
Max speed(km/h)100
Min.turning diameter(m)22
Max.grade ability(%)30
Limited mode fuel consumption/100km(L)26
Ramp angle(°) Approach/departure angle12    15/13
Equipments
Engine modelYuchai YC6G270-20
Engine type6L,Turbo,inter cooling
Rated power(kw/r/min)270 ps
Max.torque(N.m/r/min)1050 nm
GearboxZF manual transmisson
Gearbox model and operation wayFlexible shaft
Files bit rate ratio6.593/4.013/2.339/1.407/1.00/0.732/6.604(R)
Front axle patternFist type and I axle
Rear axle patternRamming welding rear axle ,one grade differential
Rear axle differential ratio4.875
Chassis frame250mm same cross section beam
Clutch420  spring clutch
Steering gearPower steering wheel
Suspension system(10/12)non-independent,multiple spring
Braking systemDouble route brake,drum brake
Braking systemSpring brake
Tire specification11.00R22.5
Note:Front diesel engine (long front suspension)

(Visited 69 times, 1 visits today)

4 comments

  1. Tenaga selevel dengan 1526 & RK260. Saat ini masih dipertahan kan PO SAN (rear engine) dgn rute terberat, Solo-Yogya-Pekanbaru. Beberapa bus medium berada di pool PO SInar Dempo. Sudah ada kah review chassis Tiongkok milik PO SAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *