Mengenal Hino AK8 215, Chasis Bus Ekonomi Yang Handal

awansan.com – Dear pembaca semua, Hino AK8 merupakan generasi terbaru Seri Hino AK (bermesin depan) yang beredar di Indonesia, harus diakui bahwa sekarang Hino AK melenggang sendirian tanpa ada lawan di kelasnya, apalagi pasca Nissan CB dan Mitsubishi BM dihentikan produksinya  kini hanya Hino yang mengeluarkan chasis big bus bermesin depan, sedangkan pabrikan lain seperti Mercedes- Benz, Scania, dan Volvo lebih memilih bertarung di Chasis Big Bus bermesin belakang (untuk bus kelas bisnis/ekseskutif)..

Hino memang cerdas dalam membaca peluang pasar, untuk pasar chasis bus ekonomi/entry level mereka punya Hino AK8, untuk bus bisnis/eksekutif ada Hino RK 8, mau yg lebih wah lagi mereka juga jual Hino RN 285 (air suspension).

Namanya saja kelas ekonomi tentu saja resepnya harus  mempunyai harga terjangkau, maka tak heran jika chasis bus Hino AK8 mempunyai harga yang cukup miring, dibanding chasis bus dengan posisi mesin dibelakang

Satu unit chasis Hino AK8 dibanderol dengan harga sekitar 480 jutaan, bandingkan dengan Hino RK 8 yang sudah mencapai 610 jutaan, atau mercedes OH 1526 720 jutaan, tentunya harga itu juga sebanding dengan spek yang di dapat. tapi untuk bus eknomi memang tidak butuh spek yang muluk – muluk yang penting bandel dan kuat diajak kerja keras.

Untuk urusan mesin Hino AK8 dipersenjatai dengan mesin diesel turbo intercooler berkode J08E-UH yang sudah berstandar Euro 2, Tenaga Maksimum dari mesin ini adalah 215 ps @2.500 sedangkan torsi maksimalnya 620 nm @ 1.500 rpm, tenaga dari mesin kemudian diteruskan ke roda via transmisi manual 6 speed berkode LJ06S, dengan final gear 5,125 Hino AK8 dikenal dengan tarikannya yang spontan.

Karena mesin ini masih bersistem meknaikal juga relatif muda dioprek oleh mekanik garasi, jadi jangan heran kalau lihat Hino AK8 bisa lari kenceng bahkan bisa nguber bus – bus yang lebih bertenaga, bisa dipastikan mesinnya udah dioprek, mesin ini juga sama basisnya dengan milik Hino RK8 sehingga memudahkan urusan sparepart.

Berdasar pengalaman awansan, tarikan bus ini cukup enak, efek dari final gear yang cukup besar,  urusan topspeed juga nggak kalah sama big bus lain dengan tenaga yang lebih besar, hanya saja menurut awb per cukup keras, suara mesin juga masuk ke dalam bus, walau untuk seri AK8 sudah jauh lebih soft dibanding Hino AK seri sebelumnya.

Hino AK8 cukup mudah dikenali, karena di depan maupun belakang selalu terpampang lambang Hino segede gaban, selain itu di depan bus pasti ada lubang untuk pendingin mesin, khas bus bermesin depan.. ciri ciri lain yang mudah dikenali adalah tidak adanya tachometer di dashboard.

Awansan lihat Hino AK8 mulai merajalela seiring dengan munculnya bus bus dengan konsep ATB ( Ac Tarif Biasa) atau lebih dikenal dengan AC Ekonomi. dimana dibutuhkan bus baru yang bermesin bandel, dan mesin nggak ngoyo ketika dibebani ac, masalah kenyamanan bisa nomer dua, toh bus ekonomi yang kadang dimuati sampe seseek gitu 😂 .

Banyak PO yang menggunakan Hino AK8 sebagai armada andalannya, sebut saja Po sumber group ( sugeng rahayu, sumber selamat), Po Mira, Po Setia Negara, semua tentunya sudah mafhum bahwa bus bus tersebut masuk dalam kategori Bus Banter !! .. dan masih banyak Po lain yang menggunakan bus ini untuk trayek akdp (PO Raya, Po Harapan Jaya, Po Akas dll)

Bahkan ada beberapa PO juga yang cukup berani mengoperasikan Hino Ak8 di trayek jarak jauh, yang biasanya menggunakan bus bermesin belakang, contoh Po Mila Sejahtera (Jogja-Banyuwangi), Po Handoyo (Jawa-Sumatera), Po Aneka Jaya (pacitan- pekanbaru).

well demikian sekelumit pembahasan tentang bus Hino AK8, punya pengalaman dengan bus ini juga  yuk mari sharing di kolom komentar, revisi/koreksi dari pembaca are welcome 😀 ..

sumber gambar ;
google.com

Advertisements

18 comments

  1. Halo bro Awan, salam kenal dari fakultas sebelah.
    Kebetulan dari kecil seneng bis-bisan juga. Makin gede mainnya malah jadi motoran. Sayangnya udah cukup lama ga naik bis nih.

    Like

  2. Mas…sugeng rahayu apa yang dulu sumber kencono? Kalau iya…duuh…tetep wae ugal2an. Pernah naik yang AC ekonomi sama yang patas yo pancet bikin jantungan…

    Like

  3. Mila Sejahtera udah lama pake Hino AK untuk Trayek Banyuwangi-Jogja, pernah naik yg Ekonomi (saat itu Yg Patas blm keluar, jalannya malam). Sangar euyy suaranya, cuma sayang, di tanjakan mana ya, mogok…
    Ngenes.

    Pas itu naik dari Giwangan ke Banyuwangi

    Like

  4. Grand EPA untuk eksekutif padang-palembang jg pake hino AK,,,
    dg modal rendah,, bangku dipangkas jadi lebih lapang,,, salutlah buat owner ngambil keputusan make hino ak.. lapang tapi sayang bantingannya cukup keras

    Like

  5. salam kenal mas..lama jd sr nih n bln lalu traveling dr l.bajo dgn mercy oh n hino,plg alus bantingannya sy rasa ko’ bus hino ak8-nya SR n raungan mesin depannya emg mantap

    Like

  6. Tidak ketinggalan Po. Maju Lancar Gunung Kidul meramaikan jg trayek Jogja Semarang dengan Hino AK8 AC Ekonomi… Semoga sukses…!!!

    Like

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.