Sejarah Bus Hino BT dan Hino BM , Bus Mid Engine Pertama di Indonesia

Foto Ranger Giga.
Hino BM milik Po Flores ( Cikal bakal Eka, Mira)

awansan.com – Dekade 70an merupakan era baru bagi dunia transportasi Indonesia, terutama dengan membanjirnya produk produk otomotif asal negeri Jepang, tak terkecuali pada sektor kendaraan komersial, jika tadinya banyak didominasi oleh brand Eropa – Amerika, maka pada era ini juga mulai tergusur oleh brand Jepang dan Jerman, salah satu yang paling gencar menggempur Indonesia adalah Hino, Hino secara serius membawa produk produk andalannya di pasar Indonesia melalui distributor mereka PT Inremco .

Baca Juga :

Sejarah Hino AK Series, Legenda Bus Bumel di Indonesia

Mengenal Hino AK8 215 , Chasis Bus Entry Level Yang handal

Mengenal Hino BM dan Hino BT , Pelopor Bus Hino di Indonesia

Mengenal Hino BX , Chasis Bus Andalan Hino era 70 -80an

Kali ini kita akan membahas chassis bus Hino yg juga pertama kali dipasarkan di Indonesia sejak awal hingga akhir 70-an, yakni BM light bus dan BT medium bus. tulisan ini bersumber dari Om Ranger Giga yang menuliskan secara lengkap di group sejarah transportasi :

Mungkin, sama dengan bahasan truk K-series kemarin yg ternyata banyak diantara teman-teman Se-Tra yg belum bahkan tidak tahu sama sekali ttg truk K-series tersebut, bahasan kali ini mungkin jg hanya sedikit yg mengetahuinya. Ya, mungkin ini terjadi karena umur, jarak waktu yg terpaut sangat jauh dari saat ini.. Juga, keterbatasan informasi dan dokumentasi foto yg jg membuat seri bus Hino keluaran awal ini tidak familiar bagi bnyk pemerhati bus saat ini.

Oke lah, terlepas dari menarik atau tidaknya untuk dibahas, akan tetapi, minimal, lumayan lah untuk menambah informasi ttg lineup bus Hino yg pernah ada di Indonesia.

Hino BM300
> Mesin DM100, 4313cc, 90ps, 5MT
Merupakan seri light bus, yg berbasiskan truk seri KM. Sasis bus ini memiliki wheelbase 4.1m dengan GVW 6.8ton. Ukuran rodanya 7.50-16.

Sasis bus ini didesain untuk bodi bus sepanjang 7-8m. sementara Untuk mesin menggunakan kode DM 100, 6 silinder inline berkapasitas 4313cc, mesin ini mampu menhasilkan tenaga maksimal hingga 80 hp @2800 rpm , dan torsi maksimal 255 nm @2000 rpm.

Nah, mungkin banyak yang bertanya – tanya , PO apa saja dulu yg menggunakan sasis bus ini? Salah satu pengguna Hino BM adalah PO Flores, yg foto – fotonya beredar luas di web.

Hino BT51
> Mesin DS60, 7982cc, 160ps, 515 nm, 5MT
Merupakan seri medium bus, dengan tipe underfloor mid-engine, maksudnya, bus ini dilengkapi dengan mesin yg dipasang di bawah lantai bodi, dengan posisi di tengah (di antara roda depan dan belakang). Yang khas dari sasis bus BT ini adalah mesin 6 silinder model DS60 nya memiliki desain piston horizontal (tidur).

Sasis ini memilliki wheelbase 4.3m, dgn ukuran roda 9.00-20, GVW 13.5ton. Yg unik lainnya dari sasis BT ini adalah sistem rem nya yg sudah mengadopsi full air brake, sangat unik dan nyleneh pada masanya. Juga penempatan posisi rear spring yg berada di bawah axlenya, dimana hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kenyamanan penumpang. Sasis bus ini didesain untuk bodi sepanjang 9m.

Untuk Hino BT, di daerah Jatim, setidaknya ada PO Hafana, NV Liem Express, pernah meggunakannya.

Sekian bahasan ttg bus pertama Hino yg beredar di Indonesia. Meski tidak terlalu spesifik, tetapi semoga bisa menambah pengetahuan tentang bus Hino yg benar- benar sudah menjadi sejarah ini. Mari berdiskusi dan silahkan ditambahkan informasinya (termasuk PO – PO yang pernah menggunakannya), pengalamannya, juga kalau ada yg masih memiliki dokumentasi foto bus Hino BM dan BT ini, dimohon untuk bisa menambahkan di sini, Terima kasih (Ranger Giga).

Perbandingan Spesifikasi Hino Bm dan Hino BT51
Perbandingan Spesifikasi Hino Bm dan Hino BT51

6 thoughts on “Sejarah Bus Hino BT dan Hino BM , Bus Mid Engine Pertama di Indonesia

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.