0

Profil dan Sejarah Bus Santoso, Bus malam Kebanggaan Wong Magelang :D

awansan.com – Di Dunia perbisan Indonesia, Kota Magelang memang sudah mempunyai keistimewaan tersendiri, Selain terkenal dengan Industri Karoserinya, di kota ini juga terdapat banyak Perusahaan Otobus yang cukup tua dan legendaris yang masih mampu bertahan di kerasnya persaingan zaman sekarang.

Salah satu Po Bus tua yang mampu bertahan adalah Po Santoso, po yang sudah dirintis sejak tahun 1970an oleh suami-istri yang berprofesi sebagai dokter, yakni dr.Anwar Sani di Magelang

Dengan berbekal armada Mitsubishi Fuso T653 dan Mercedes Benz LP 911, trayek awal Po Santoso adalah  Jogja-Magelang-Semarang, Semarang- Magelang- Purwokerto, kemudian melebarkan sayap dengan membuka trayek Semarang-Magelang-Cilacap.

Hasil gambar untuk dodge bus indonesia
Armada Fuso T653 milik Po Santoso

Seiring dengan berkembangnya Po Santoso maka awal tahun 80an pemilik membangun garasi yang lebih besar di Kupatan untuk menggantikan pool sebelumnya yang berada di Jl Ahmad Yani magelang, pembangunan garasi baru ini digunakan untuk menampung jumlah armada yang semakin bertambah, pada periode ini armada andalan Po santoso adalah Mercy OF 1113 dan Hino AK, well kebetulan awansan sempat menikmati armada ini karena masih dipakai hingga tahun 2000an, saaat itu awb ingat ciri khas bus ekonomi santoso adalah terdapat kipas angin kecil di atas tiap kursi 😆 .

Bus Bumel Santoso

Pada akhir tahun 80an PO santoso ini mulai membuka  jalur bus malam jurusan Jakarta, Jalur yang diambil adalah Jurusan Wonosari/Klaten – Magelang – Jakarta – Merak .. PO Santoso cukup cerdik melihat peluang, mengingat banyak orang daerah Wonosari/klaten  yang merantau ke Jakarta/luar Jawa, tentunya ini jadi pangsa pasar yang sangat lezaat.. divisi bus malam ini terus bertahan hingga sekarang, bahkan terus berkembang, tiap bus santoso mempunyai seri tersendiri, bisa dilihat dibawah ini..

  • BOGOR

    Seri H (Executive Toilet)

    Seri I (PATAS AC Non Toilet)

    Seri J (Ekonomi)

    Seri X (Bisnis RS)
  • CILEDUG

    Seri E

    Seri B (Bisnis RS)
  • TANGERANG

    Seri A (Bisnis RS)

    Seri L (Bisnis RS)

    Seri N (PATAS AC)

    Seri T (Bisnis RS)

    Seri O ( Excecutive Toilet )
  • LEBAK BULUS

    Seri C (Bisnis RS)

    Seri D (Bisnis RS)

    Seri F

    Seri M (Bisnis RS)
  • KEMAYORAN – PULOGADUNG

    Seri W ( Executive Toilet )
  • PINANG RANTI

    Seri R (Bisnis RS)
  • KP. RAMBUTAN

    Seri Z
  • CILEUNGSI – CIBINONG

    Seri S
  • MERAK

    Seri V1

    Seri V2

Urusan Chasis Bus, Santoso memiliki selera tersendiri, Untuk divisi bus malam Bus santoso banyak mengandkan Chasis Mercedes Benz OH dan Hino AK, rata rata adalah MB OH 1518 king, sedangkan untuk divisi bumel yang jalan siang Po Santoso banyak menggunakan Hino AK dan bus eks divisi Malam.

Sebagian besar bus Santoso menggunakan Karoseri Tri Sakti model Marcopolo, sangat khas lampu depan mercy tiger :D, sedangkan lampu rem belakang model tumpuk, kesannya sederhana dan tidak neko neko , salah satu body terbaru PO Santoso adalah model Joybus Trisakti bermesin Oh 1521 Intercooler.

Armada paket Po Santoso

Santoso juga mempunyai divisi paket menggunakan yang menggunakan berbagai macam chasis bus dan truk 😀 , Semua armada tersebut sekarang mempunyai pool di Jl Sukarno Hatta Magelang.

Meskipun sekarang masih mampu bertahan nampaknya PO Santoso memang perlu peremajaan besar besaran untuk armadanya, mengingat banyak armada yang emang sudah termakan umur, awansan sendiri sering melihat armada PO santoso yang lewat nampak sudah cukup tua, bahkan beberapa kali juga mendapati armada PO Ini sedang trouble di daerah tanjakan Rujak Asem Bejen.

Armada Bumel Po Santoso, pakai bus eks divisi malam

source: busnesia, google, ciptonesia, bismania

(Visited 35 times, 1 visits today)

awansan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *