Mengenang Bus Tingkat Volvo Ailsa B55, Jejak Sejarah Bus Swedia di Indonesia

awansan.com – Dear sobat awb,  bagi anda semua yang lahir pada era 80-90 an pasti tidak asing dengan penampakan bus tingkat ini, mengingat bus tingkat memang pernah dioperasikan sebagai bus kota pada beberapa Kota Besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Solo, Medan, Makassar dan Semarang.

Masuknya Bus tingkat Volvo di indonesia merupakan hasil dari proyek pengadaan bus Kementrian Perhubungan pada tahun 1981-1984, jumlahnya pun cukup massif mencapai 320 unit, Bersamaan dengan Volvo masuk juga Bus Tingkat Leyland Atlantean hibah dari Inggris.. Bus ini kemudian dioperatori oleh Damri dan PPD.

Karena Jumlahnya yang cukup banyak, Bus tingkat Volvo ini pernah disebar di berbagai kota besar di Indonesia meliputi Jakarta, Solo, Medan dan Makassar, sedangkan untuk Kota semarang dan Surabaya mendapatkan jatah Bus Leyland Atlantean.

Bus Tingkat Volvo B55 didatangkan secara CKD dari Inggris kemudian dirakit di Indonesia Oleh PT Ismac selaku importir Volvo pada masa itu.

Bus Tingkat Volvo yang masuk Indonesia adalah Volvo B55 Ailsa generasi ketiga berkapasitas penumpang 108 orang,  bus ini diproduksi oleh Volvo Inggris dan dikaroseri oleh Ailsa dengan model Alexander. Volvo B55 Ailsa ditenagai oleh mesin diesel Volvo TD70H 6 silinder inline berkapasitas 6730 cc,  bertenaga maksimal 178 hp @2800 rpm dan torsi maksinal 637 nm@1600 rpm .. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda via transmisi otomatis Voith D851 yang juga sudah dilengkapi dengan retarder.

Indonesia juga mendapat satu unit Bus Volvo B55s triple axle,  panjang VolvoB55s mencapai 11,8 meter dan bisa menampung 200 penumpang, pada zaman itu harga per unit sudah Rp 80 juta. Bus Volvo B55s, namun sayang sekali dari rencana pembelian 200 unit,  ternyata hanya satu yang dibeli,   bus Tingkat Volvo Triple Axle ini kemudian lebih dikenal dengan bus “Jumbo”.

Kiprah bus Tingkat Volvo akhirnya harus berakhir sekitar tahun 1998, karena armada yang semakin uzur,  dan mahalnya suku cadang. Kondisi lalu lintas juga semakin macet sehingga menyulitkan manuver bus.

Baca Juga : 

Mengenal Bus Tingkat Volvo Ailsa B55 , Pelopor Bus Swedia di Inonesia

Mengenal Volvo B7R , Chasis Bus Premium Pertama Volvo di Indonesia

Mengenal Volvo B11R Triple Axle , Tonggak kembalinya Volvo di Pasar Bus Indonesia

Mengenal Volvo B12M , The One and Only di Indonesia

Bus Tingkat Volvo di Makassar

27 thoughts on “Mengenang Bus Tingkat Volvo Ailsa B55, Jejak Sejarah Bus Swedia di Indonesia

    1. Hehe kalo sekarang udah diganti sama bus tingkat yg lebih muda sama pemrov dki, tetapi tidak untuk trayek reguler, cuman buat city tour aja 😁

      Like

  1. kangen banget sama bis ini…waktu kecil, pasti langsung minta naik ke atas ke depan hihi.. terus dari atas, kelihatannya kalo ada orang nyebrang, atau mobil di depan pas macet2an kaya ketabrak bis..karena viewnya terbatas..
    pernah juga bisnya overheat ampe pada turun semua takut kebakar haha..seru banget

    Like

  2. foto yg ke-5 bikin gagal fokus..motor2 jadul wkwk..vespa2, cb2…pada ga pake helm, belom wajib apa ya?

    Like

    1. Hahaha jaman dulu emg belum seketat sekarang kalo masalah helm, tapi kalo masalah kewajiban ber helm, sejak zaman polisi hugeng sudah mulai diwacanakan

      Like

  3. Pernah naik punya Damri Solo, perpindahan transmisi masih terasa. Memang begitu yg namanya matic jadul, atau cuma bis yg sy naiki saja?

    Like

  4. saya sudah membaca beberapa artikel mengenai bus tingkat yg dulu beroperasi sebagai transportasi umum di Jakarta. kalo berkenan, bisa ga berbagi sumber2 atau data2 mengenai bus tingkat tersebut. terima kasih

    Like

  5. terakhir naik ini bis dari uki cawang ke kampung melayu..interior sekitar tangga lapis kayu, ceper pula cuma sejengkal dari aspal…sayang pada sering kebakar, entah perkabelannya atau apa..

    ada yg tau kah yg model “jumbo” nya ada dimana sekarang ya..?

    Like

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.