Bikin Mesin Lebih Adem, Panduan Pasang Oil Cooler pada Honda Tiger, Megapro CB Series dan GL Series

Oil cooler terpasang

awansan.com – Oil Cooler merupakan salah satu perangkat pendingin tambahan yang digunakan untuk mendinginkan mesin, beberapa motor di Indonesia yang sudah menggunakan perangkat ini adalah Satria FU , Pulsar 200 dan Pulsar 220.

Pada kelurga mesin GL Series , sebetulnya pendingin udara bawaan masih cukup untuk mendinginkan mesin, namun beda cerita ketika mesin sudah diupgrade seperti bore up/stroke up sehingga mesin cenderung lebih panas di banding motor standar, oleh karena itu dibutuhkan pendingin tambahan seperti oil cooler ini supaya mesin tidak mudah overheat.

Nah karena banyak yang masih bingung cara pasang oil cooler di mesin GL Series berikut awansan beberkan panduan/caranya, kebetulan om tatom udah buat dari dulu, dan beliau share di trit megaproholic kaskus 😀 .

Yang pertama dilakukan adalah membor jalur oli pada kalter kopling di sebelah kanan, hal ini perlu dilakukan untuk membypas jalur oli agar mau naik ke oil cooler

Bor lubang sampe ketemu jalur sirkulasi oli standar
Posisi lubang yang di bor

Setelah dibor, segera pasang nipel untuk nantinya disambungkan ke selang intake oil cooler .

niple untuk oil cooler

Setelah beres urusan pada kalter kopling, kini giliran head silinder yang di bor , untul letaknya bisa dilihat pada gambar dibawah

Bor di head silinder
lubangnya di sini
hasilnya kayak gini
baut yang di butuhin, baut nipel oil cooler

setelah semua nipel terpasang, nah tinggal dihubungin saja ke oil cooler yang sudah tersedia, untuk oil coolernya sendiri bebas mau diambil dari motor apa, bisa Satria FU, Bajaj Pulsar, Atau perangkat aftermarket.

pemasangan di bagian atas
di bagian bawah
Terpasang

Oh ya setelah semua terpasang, jangan lupa untuk menambahkan volume oli mesin sesuai dengan kapasitas oil cooler yang dipakai, misal volume oli mesin awal adalah 1000ml dan volume oil cooler 200ml, maka ketika pergantian oli mesin, volume yang dimasukkan 1200 ml, bukan 1000ml (1L) seperti biasanya .

(Visited 3,479 times, 1 visits today)

19 comments

Leave a Reply