19

Bikin Mesin Lebih Adem, Panduan Pasang Oil Cooler pada Honda Tiger, Megapro CB Series dan GL Series

Oil cooler terpasang

awansan.com – Oil Cooler merupakan salah satu perangkat pendingin tambahan yang digunakan untuk mendinginkan mesin, beberapa motor di Indonesia yang sudah menggunakan perangkat ini adalah Satria FU , Pulsar 200 dan Pulsar 220.

Pada kelurga mesin GL Series , sebetulnya pendingin udara bawaan masih cukup untuk mendinginkan mesin, namun beda cerita ketika mesin sudah diupgrade seperti bore up/stroke up sehingga mesin cenderung lebih panas di banding motor standar, oleh karena itu dibutuhkan pendingin tambahan seperti oil cooler ini supaya mesin tidak mudah overheat.

Nah karena banyak yang masih bingung cara pasang oil cooler di mesin GL Series berikut awansan beberkan panduan/caranya, kebetulan om tatom udah buat dari dulu, dan beliau share di trit megaproholic kaskus 😀 .

Yang pertama dilakukan adalah membor jalur oli pada kalter kopling di sebelah kanan, hal ini perlu dilakukan untuk membypas jalur oli agar mau naik ke oil cooler

Bor lubang sampe ketemu jalur sirkulasi oli standar
Posisi lubang yang di bor

Setelah dibor, segera pasang nipel untuk nantinya disambungkan ke selang intake oil cooler .

niple untuk oil cooler

Setelah beres urusan pada kalter kopling, kini giliran head silinder yang di bor , untul letaknya bisa dilihat pada gambar dibawah

Bor di head silinder
lubangnya di sini
hasilnya kayak gini
baut yang di butuhin, baut nipel oil cooler

setelah semua nipel terpasang, nah tinggal dihubungin saja ke oil cooler yang sudah tersedia, untuk oil coolernya sendiri bebas mau diambil dari motor apa, bisa Satria FU, Bajaj Pulsar, Atau perangkat aftermarket.

pemasangan di bagian atas
di bagian bawah
Terpasang

Oh ya setelah semua terpasang, jangan lupa untuk menambahkan volume oli mesin sesuai dengan kapasitas oil cooler yang dipakai, misal volume oli mesin awal adalah 1000ml dan volume oil cooler 200ml, maka ketika pergantian oli mesin, volume yang dimasukkan 1200 ml, bukan 1000ml (1L) seperti biasanya .

(Visited 2,193 times, 1 visits today)

awansan

19 Comments

  1. Gan ni bengkel pisisi dmn??ane punya megapro 2005 trs udh ane struk rapi permasalahane skarg ketika buat jarak jauh mesin panas dn cenderung motir berat dn molor bahkan ane jg udh smpei piston jebol….ane mta solusi gan trs jg kli bisa mbta alamatnya cz ane posusi di indramayu kli ja kli dket bisa maen”sering jg..

    • kalo gitu turunin kompresi motornya mass, biar nggak jeboll

      bengkelnya di jakarta kalo nggak salah ..

  2. Feeling feeling jalur aliran oli blok kanan mesin dan jalur aliran oli blok kanan head silinder mesin, sama sama jalur mengisi, itu sebabnya tadi ada yang complain waktu dipakai jarak jauh mesinnya panas dan pistonnya jebol. Ide solusi saya, aliran oli dari saluran blok head kanan tengah silinder di switch agak ke kiri @baut nipelnya ke bagian kiri dari baut head silindernya, dekat lekukan samping spring valve intake dan valve lifter intake ( keep their main gap @ baut nipel-inner/ outer) maksudnya agar aliran oli ke crank case center terbagi ke blok kanan mesin ke baut nipel ke pipa input selang oil cooler kemudian ke oil cooler box kemudian ke selang pipa output oil cooler kemudian bermuara ke baut nipel kanan head silinder yang posisinya di dekat lekukan valve spring intake dan valve lifter intake supaya pelumasan di area valve spring intake dan valve lifter intake terbantu oleh semprotan oli outer baut nipel di kanan head silinder tersebut, dan pendinginan oli mesin yang diharapkan dapat terlaksana. Dengan catatan port intake dan port outer oil pumpnya diameternya diperbesar +1mm dengan mata tuner spuyer tuner otomotif, agar debit aliran oli besar waktu mesin dinyalakan dan dipergunakan , dan suplai oli ke crankcase optimal standardnya yang telah terbagi ke aliran intake oil cooler boxnya via baut nipel blok kanan depan mesin dan saluran pipa ke selang intake oil cooler boxnya , dan outer saluran olinya menyemprot kolom spring valve intake dan valve lifter intake manifold, yang penjelasannya tadi sudah saya deskripsikan. Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat untuk edisi revisi modifikasi oil cooler selanjutnya.

Leave a Reply