Tag Archives: supra

Sempurnakan Bore Up , Pasang Karbu Kharisma di Supra X

Karbu Kharisma terpasang di Supra X

awansan.com – Setelah dilakukan bore up, tentunya pasokan bahan bakar pun harus ditingkatkan juga, agar campuran bahan bakar tidak terlalu lean, sebetulnya bisa saja menggunakan karburator asli supra/grand tapi harus jetting ulang sesuai dengan permintaan mesin, namun karena awansan tidak telaten jetting, akhirnya diputuskan pakai karbu kharisma saja.

Simpelnya sih ini karbu dirancang buat mesin 125 cc, tentunya tidak bakal kedodoran nyuplai mesin hasil bore up si supra yang hanya 115 cc, fyi venturi karbu kharisma ini 18 mm, 2 mm lebih besar dari karbu standar supra x yang hanya 16 mm.

Continue reading

Review Honda Supra Fit Setelah Sepuluh Tahun Pemakaian


awansan.com – Sobat bikers,  kali ini awansan akan berbagi cerita tentang salah satu motor yang masih menemani keluarga awansan hingga saat ini, yah anggap aja review motor hehehe.

History
Awansan masih ingat dengan jelas,  saat itu di pertengahan tahun 2006 terjadi gempa dahsyat yang mengguncang Jogja, ketika awansan pulang dari asrama, rumah sudah rata dengan tanah terkecuali dua dinding di sisi rumah. Pun masih ditambah dengan adanya anggota keluarga awansan yang juga meninggal akibat bencana tersebut. Sedihh tapi kita harus tetap tegar menghadapinya, Sedikit demi sedikit rumah yang runtuh kembali dibangun oleh keluarga.

Di sisi lain ayah awansan bertugas sangat jauh dari Jogja,  karena beliau bertugas di pedalaman Kabupaten Temanggung. Nah karena tiap minggu harus bolak balik Jogja -Temanggung sejauh 240km untuk ngawasin pembangunan rumah, maka ayah  butuh kendaraan baru yang irit dan handal menggantikan motor lamanya,  sebelum pake Supra ayah awansan setia menggunakan Suzuki A100x   yang boros dan sering rewel.

Pas kebetulan saat itu ada program kredit murah bagi guru,  maka kemudian dipinanglah sesosok Honda Supra Fit Tromol sebagai kendaraan ayah saya. Oh ya ini merupakan motor pertama di keluarga kami yang dibeli  dalm kondisi baru, jadinya pada saat itu rasanya benar benar sangat istimewa 😀 .

Blusukan

Desain Body
Ngomongin desain body,  supra fit model ini benar benar mengalami model yang revolusioner dibanding generasi sebelumnya, desain bodynya sedikit menggembung dengan desain lampu yang menurut awb futurustis.
Alhamdulillah body masih kenceng sampe sekarang,  kecuali batok lampu yang udah ganti sekali gara gara kemrotak,  penyakit khas generasi supra, body emang nggak sekinclong dulu, tapi overall masih layak dipandang..
Fungsional

Dirancang sebagai motor keluarga, supra fit dikasih fitur yang lumayan lengkap di zamannya, seperti sudah ada bagasi, dan hand grip belakang..  Dek tengah juga luas siap bawa barang apapun,  cuman ditambah jepitan buat permudah bawa barang-barang seperti dokumen atau mantel yang dilipat

Mesin
Supra fit di tenagai oleh mesin yang legendaris dari Honda,  yaitu mesin seri C 100, s dimana Supra Fit merupakan seri motor terkahir yang menggunakan mesin C series.. Mesin ini benar benar bandel, selama 10 tahun dipakai dengan keadaan seekstrim ini, belum pernah turun mesin belum pernah ganti kampas kopling, bahkan  ganti oli aja pas ingat .
Odometer sudah mendekati 100.000 km, awb yakin sebetulnya sudah lebih 100.000 km, karena odometer pernah lama mati,  dan baru awb perbaiki belum lama kemarin.  Sampe sekarang mesin masih enak digeber dengan kec 80-90 km/j ketika luar kota,  bisa lebih sih cuman ngeri remnya lhawong masih teromol semua.

Pas barunya dulu konsumsi bbm sekitar 55-60 km/l,  Kalo sekarang sekitar 45-50 km/l tergantung permainan gas,  Ada cerita menarik ketika dulu awansan kuliah lapangan di daerah Boyolali,  di suatu tanjakan ketika temen temen awansan yang pake Supra 125 udah pada keok,  eh ini supra fit masih kuat terus nanjak .. Mungkin terlihat berlebihan tapi itulah kenyataan, kalo sekarang ya mungkin beda cerita.

Trouble paling parah cuman drat baut tap oli slek, di redrat beres sudah.. Tenaga awb rasa cukup untuk jalan santai, cuman kadang gregeten aja kalo ketemu jalan lurus panjang, spedoo mentok 95-100 km/j mesin udah teriak banget,  segitu aja nggak naik naik lagi hahaha,  tapi ya namanya juga mesin jadul 100 cc,  sabar aja kalo ketemu mesin muda, Ngalah ajaa kembali ke cruise speed..
Kaki kaki

Kaki – Kaki
Karena ini Supra Fit versi paling murah,  maka kaki kaki hanya dilengkapi dengan velg ruji dan rem tromol di kedua roda, Ngeri ngeri sedap kalo pas ngerem hahaha.. Shock juga cukup handal,  shock belakang pernah sekali ganti,  dan shock depan juga cuman sekali ganti sil shock saja seingat awb. Pr nya nih kayaknya shock depan harus ganti per,  karena sekarang rasanya kerass banget.

Kondisi Pemakaian Selamam 10 Tahun
Motor ini bukan hanya motor untuk santai santai saja,  melainkan benar benar motor perang  selama bertahun -tahun.  sehari hari dipakai untuk naik gunung ke tempat ayah awansan ngajar sejauh 13 km pp (26 km), masih ditambah boncengin 1-2 murid yang kadang ikut nebeng, jalan yang dilalui kebanyakan aspal rusak dan batu makadam dengan kontur tanjakan dan turunan tajam.. Khusus weekend motor ini juga selalu dipakai Jogja-Temanggung PP.

Setelah lama dipakai ayah,  motor ini kemudian awansan pakai,  Banyak kenangan yang awb ukir dengan motor ini,  motor kenangan, motor kerja, motor cintaa hahaha,  well biar dikata cuman bebek ini supra udah jelajah semua pelosok Jawa Tengah dan Jawa Timur paling jauh sampai ke Bojonegoro ketika awansan dinas survey disana.

Ketika kuliah ini motor jadi andalan awansan karena irit, nyaman dan idola mahasiswi padahal temen temen awansan motornya pada keren lho pada pake vixion, tiger dll,  tapi entah kenapa mereka pada seneng si supra, joknya pendek kali ya jadi gampang naik, atau gara gara yang punya ganteng  .

Selain buat kuliah motor ini juga sering awansan bawa blusukan ke berbagai medan ekstrim, karena dulu sambi kuliah awansan sempat bekerja di konsultan surveyor,  awb sering bawa survey menembus medan medan ekstrim di pelosok jawa,  dari jalan setapak licin,  medan off road berlumpur sampai nyemplung nyemplung sungai dalam kondisi motor standar, ban standar irc dan bawaan full load ..

Contoh dibawah ini nampaknya seperti medan biasa,  tapi sebetulnya habis offroad sampe setengah ban tenggelem ke lumpur,  saya kelelahan dan motor tk tinggal gitu aja tengah jalan . hingga  sekarang si supra masih rutin awb bawa mudik Jogja – Temanggung pp tiap hari jumat, ketika awb libur ngajar.


Kini setelah 10 tahun berlalu,  si Supra masih dalam kondisi god condition. Well harus jujur saya ucapkan Good job for Honda, ini motor bener bener tangguh, irit dan fungsional.. Untuk produk yang satu ini awb rela jadi fans boy Honda

Demikian sekelumit kisah awansan dengan motor kenangan ini, semoga pembaca semua tidak bosan, nah jika ada pemba semua yang punya pengalaman dengan motor in, sharing yuk di kolom komentar 😀 .

Tri Mas Kentir Touring 3 Provinsi ke Cemoro Sewu Magetan

Me with Ibnu

awansan.com – Dear pembaca semua,  pada kesempatan kali ini awb akan bercerita tentang touring yang awb lakukan bersama teman teman kuliah awb kemarin,  oh ya kenapa disebut tri mas kentir,  karena kebetulan kami bertiga sama sama lama lulus kuliahnya wkwkwk, yah alhamdulillah awb dan satu temen sudah wisuda, tinggal satu yang masih berjuang,  well mari kita mulai saja.

Continue reading

Night Touring Jogja – Wonosari , Cuman Ngebakmi Jowo HaHaHa

Selamat datang di Wonosari

awansan.com – Bagi bikers yang bertempat tinggal di jogja dan sekitarnya tentuya sudah tidak asing dengan jalur ini,  yups inilah dia salah satu jalur asyik buat cornering, jalur penggembleng skill bagi yang sering melewatinya, jadi jangan heran kalo banyak ibuk ibuk atau mbak mbak cornering di sini, bisa hampir dipastikan bahwa mereka adalah commuter jalur Jogja Wonosari.

Jalur ini dilengkapi dengan jalan mulus dan tikungan tikungan indah nan aduhai tak ubahnya seperti sirkuit pasar senggol.  malam ini adalah malam balas dendam awansan untuk night riding, mengingat selama dua tahun terkahir awansan lebih sering menggunakan roda 4 di jalur ini, padahal di masa lalu hampir tiap minggu awansan melewati jalur ini,  menikmati jalan dengan kec full speed melibas tiap tikungan.

Pom Bensin Janti Yogyakarta

Perjalanan kali ini awb bawa Supra Fit Kesayangan, start jam 19.30 dari kampus,  jalan pelan pelan karena bbm menipis,  refill bbm dulu  di Pom Bensin Janti,  lihat antrian premium panjang,  arahkan kanan masuk jalur pertalite, sekali kali minumin si supra fit agak mahalan hehe, cukup 20ribu sudah kembali full tank,  siap diajak jalan jalan.

Menyusuri ringroad jogja jalan agak ramai,  yo wes woless saja pelan pelan,  mulai masuk jalan Wonosari sedikit demi sedikit speed mulai dinaikkan,  sempat berhenti sebentar di bukit bintang,  sekedar menikmati suasana.

Jalan Lengang

Selepas bukit bintang jalan sangat lengang,  oh yess berarti malem ini kita bebas menikmai setiap lekuk mulus aspal jalan wonosari,  si Supra Fit pun nurut aja ketika dibolak balik miring kanan kiri,  walau kadang kerasa geal geol di ban belakang,  tak jarang ketika jalan lurus si Supra di gas poll hingga mencapai rpm puncaknya, dibarengi getaran hebat dari mesin hingga stang ,  getaran getaran seperti inilah yang membuat rindu, khas mesin honda seri c 100,  come on baby,  lets rock the night   and enjoy the road ..

nikmat mana yang kau dustakan

Memasuki Kota Wonosari, awb mulai laper, nampaknya efek kedinginan nih,  langsung mlipirr kiri menikmati masakan malam khas gunungkidul, bakmi jawa panas dan wedang ronde anget di samping pom bensin Siyono, keduanya tidak bisa bertahan lama di meja, hidangan  terasa sangat nikmat hingga tandas tiada bersisa, Ah nikmat mana lagi yang kau dustakan.

Perut kenyang,  hati tenang, awb pun segera menghubungi temen yang akan awb inapi. Alhamdulillah belum tidur,  cuss kesana cukup 5 menit saja,  sampai rumah temen dengan selamat langsung istirahat, oke cukup sekian cerita kali ini, tetep  stay tune yak untuk cerita selanjutnya  😉 .

Posted from WordPress for Android

Touring Sambil Kerja ke Kebun Teh Medini Kendal

Persiapan Sebelum Touring

awansan.com – Sobat bikers, setelah kemarin blusukan ke Purwodadi dan Kopeng, kali ini awansan mendapat tugas survey desa tertinggi di Kabupaten Semarang, lebih tepatnya di daerah Kebun Teh Medini yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, awansan sendiri berangkat dari Semarang pagi sekitar jam 8 karena sudah memperkirakan treknya yang bakal memakan waktu lama.

Dari Semarang naik terus sampai Kota Ungaran, kemudian belok kanan ke arah Boja via Gunungpati, sebelum kota Boja awansan sempatkan mampir di pom bensin untuk full tank si Supra fit. Sesampai di Kota Boja kita tinggal mengikuti plang ke arah Medini/Nglimut

Continue reading